Kamis 30 Mar 2017 15:53 WIB

Lenovo Luncurkan Thinkpad X1 Carbon dan Yoga

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri
Thinkpad X1 Carbon.
Foto: Dok: Lenovo
Thinkpad X1 Carbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen dan penyedia perangkat teknologi, Lenovo, mengenalkan jajaran laptop terbaru mereka, Thinkpad X1, untuk pasar Indonesia dalam ajang Lenovo Technology Day Vol. III di  Jakarta, Kamis (30/3). Thinkpad X1 yang diperkuat prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh (Kaby Lake) tersebut  sebetulnya sudah lebih dulu dikenalkan lewat Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, awal Januari lalu.

Setelah sekitar tiga bulan, akhirnya produk flagship andalan Lenovo itu resmi dihadirkan untuk pasar Indonesia. "Dalam keikutsertaan di CES 2017 kemarin, Lenovo mendapatkan tak kurang dari 62 penghargaan, 26 di antaranya datang dari keluarga Thinkpad X1 ini," kata Direktur Komersial Lenovo Indonesia, Cin Cin Go dalam pelucuran Tinkpad X1 sekaligus ajang Lenovo Technology Day Vol. III tersebut.

Jajaran keluarga Thinkpad X1 yang diperkenalkan terdiri dari Thinkpad X1 Carbon dan Thinkpad X1 Yoga. Selain perbedaan bahan yang digunakan, perbedaan yang mendasar adalah fitur fleksibilitas layar yang bisa diputar hingga 360 derajat untuk  tipe Yoga.

Thinkpad X1 Carbon mengusung bentuk yang lebih ramping delapan persen, lebih ringan dan lebih kencang dibanding generasi sebelumnya serta bodinya dibuat dari material tangguh, carbon-fiber. Fitur itu diklaim cocok bagi para profesional bermobilitas tinggi dan selalu terhubung.

Thinkpad X1 Carbon memiliki bobot kurang dari 1,12 kg, menggunakan layar tampilan IPS kualitas tinggi dengan ukuran setara 14 inci meski laptopnya berukuran setara dengan laptop 13 inci. Sementara itu, fleksibilitas Thinkpad X1 Yoga dilengkapi fitur Wave Keyboard, yang membuat tuts keyboard melesak masuk setara bodi ketika laptop dikonversi menjadi tablet dengan memutar layar 360 derajat, sehingga tidak terpapar kotoran dan membuat pengguna dapat memegang laptop dengan lebih nyaman senyaman saat memegang tablet konvensional. Thinkpad X1 Yoga juga dilengkapi Thinkpad Pen Pro yang bisa disematkan ke slot yang tersedia di sisi bodi serta tampilan layar OLED dengan cakupan warna Adobe RGB 100 persen dan performa kencang berkat chip Intel Iris Graphics.

Thinkpad X1 Yoga dibanderol dengan harga mulai dari 1.500 dolar AS (sekitar Rp 19,9 juta) sedangkan Thinkpad X1 Carbon dihargai mulai dari 1.800 dolar AS (sekitar Rp 23,9 juta). "ThinkPad X1 Series terbaru  dirancang atas dasar komitmen Lenovo  yakni 'Different Innovates Better'. Lenovo percaya, dengan menjadi berbeda dan merangkul semua hal yang berbeda dan unik maka akan dapat menghasilkan inovasi yang baik," kata Cin Cin Go.

Selain dua produk dari jajaran Thinkpad X1 tersebut, dalam TechDay Vol. III Lenovo juga memperkenalkan tak kurang dari 19 produk baru lain di ajang tersebut. Ke-19 produk tersebut adalah ThinkPad 13, ThinkPad X270, ThinkPad Seri T terdiri dari T470, T470S, T470P dan T570, ThinkCentre Seri M (M710T, M710S, M710Q, M910T, N910Q, M910X), ThinkCentre Seri M AIO (M810z, M910z) dan ThinkServer 460.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement