Rabu 25 Jan 2017 14:38 WIB

Lima Langkah Mudah Kuasai Whatsapp

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
Whatsapp
Foto: Antara
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Whatsapp menyentuh hingga ke semua operating sistem baik itu Android, iOS atau Windows dalam setiap ponsel. Aplikasi pesan instan tersebut sudah digunakan hampir disetiap smartphone.

Namun tahukan Anda fitur-fitur yang berada dalam aplikasi pesan miltimedia tersebut? Berikut lima trik cepat untuk menguasai Whatsapp seperti dikutip Independent, Rabu (25/1).

1. Star a message

Untuk menggunakan fungsi ini cukup dengan menekan layar pada pesan dan memilih 'bintang' untuk menyimpan pesan dan menemukannya dengan cepat kemudian hari.

2. Menemukan kontak favorit Anda

Kalau Anda penasaran dengan sosok yang kerap dihubungi melalui aplikasi ini langkah mudah mengetahuinya. Bagi pengguna iOS pergi ke settings > data and storage use > storage use.

Sementara, bagi pengguna Android pergi ke settings > chat > chat history > email chat. Kedua direktori itu akan menunjukkan kontak yang paling banyak menguras memori Anda yang artinya paling sering dihubungi.

3. Pengaturan menyimpan foto dan video

Foto dan video yang dikirmikan melalui Whatsapp dapat secara otomatis tersimpan dalam ponsel. Hal ini secara berkelanjutan akan menguras memori telepon tanpa Anda sadari.

Namun, langkah ini dapat mengatur fungsi penyimpan otomatis tersebut. Pergi pengaturan > pesan, dan matikan menyimpan media secara otomatis.

4. Sunyikan pesan grup

Pesan grup bisa menguras baterai Anda. Namun, Anda bisa menggunakan mode sunyi pada grup atau kontak tertentu sesuai pilihan. Mode sunyi itu bisa betahan hingga delapan jam hingga satu tahun.

5. Ekspor pecakapan

Pesan dapat diarsipkan bagi Anda yang tidak ingin kehilangan rekaman percakpan. Bagi pengguna Android pergi ke menu > more> email pesan.

Sementara pengguna Iphone harus menyentuh kontak untuk melihat isi pesan, pergi ke paling bawah kontak dan pilih ekspor pesan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement