Sabtu 16 Jul 2016 06:10 WIB

Ini Dampak Positif dan Negatif Pokemon Go

Rep: MGROL69/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pokemon Go

Namun di balik itu pengguna disarankan juga mewaspadai dampak negatifnya. Seperti yang terjadi di luar negeri, mulai banyak laporan kriminal seperti pemain yang dijebak oleh perampok bahkan kecelakaan akibat kecerobohan pemain sendiri.

Menurut Damar, dampak negatif terbesar dari game ini adalah berkurangnya kewaspadaan saat bermain Pokemon Go.  Pemain harus tetap konsentrasi menatap layar sehingga ia kesulitan membagi konsentrasi ketika sedang berjalan, mengemudi, bekerja, dan lain lain.

Di luar itu, Pokemon GO adalah permainan GPS-based yang mengharuskan pemain mengaktifkan geolokasi. Itu dapat berbahaya jika lokasi terbaca karena sejarah migrasi (perpindahan) itu terekam dan informasi itu jatuh ke orang jahat bisa digunakan untuk memolakan aktivitas sehari-hari pemain.

Selain itu ada juga dampak negatif scara sosial yang berpotensi timbul. Bukan tidak mungkin permainan ini bisa memicu keributan dengan pemain lain gara-gara memperebutkan item dan pokemon.

Selalu ada kemungkinan yang tersinggung lalu menyerang di dunia maya dan membuat seseorang bisa dilaporkan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Masalah ini akan menambah deretan panjang jumlah netizen terjerat UU ITE yang kini jumlahnya sudah mencapai 180 korban.

Damar pun memberikan tips singkat bagi para pemain Pokemon Go agar tidak merasakan dampak negatifnya. "Hidup seimbang. Main boleh tapi jangan selalu menyalakan augmented reality ketika berada di jalanan. Juga ingat waktu saat sedang hunting. Jangan sampai kesusahan sendiri," ujar pria yang juga menjabat Regional Coordinator Safenet ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement