Jumat 06 May 2016 01:12 WIB

Pekan Ini, 40 Meteor Jatuh per Jam di Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids

Meteor
Meteor

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini Bumi sedang melalui ekor komet Halley, komet paling terkenal di Tata Surya. Sebagian kecil dari puing-puing komet ini terbakar di atmosfer Bumi dan mengahsilkan hujan metor nan cantik Eta Aquarids. Hujan meteor ini terjadi 20 April hingga 21 Mei tahun ini.

Puncaknya, terjadi pada Kamis (5/5). Hujan meteor ini bisa terlihat di langit belahan bumi selatan dengan intensitas 30 atau 40 meteor per jam. Bagi mereka yang berada di belahan bumi utara bisa menyaksikan 10-20 meteor per jam.

Dilansir dari Science Alert, waktu terbaik untuk menhyaksikan hujan meteor Eta Aquarids yakni 5 Mei hingga 7 Mei. Pada saat bulan baru 6 Mei, langit akan lebih gelap sehingga kesempatan untuk menyaksikan hujan meteor ini akan lebih jelas.

Tidak perlu teleskop atau peralatan mahal untuk melihat hujan meteor ini. Bagi Anda yang berada di lokasi-lokasi belahan bumi selatan, Anda cukup menatap langit dan menjauhkan diri dari cahaya kota. Hujan meteor ini juga bisa disaksikan melalui observatorium Slooh yang menawarkan siaran langsung dari sebuah observatorium di Canary Island.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement