Senin 11 Dec 2023 17:29 WIB

Puing-Puing Komet Dekat Bumi Dapat Sebabkan Hujan Meteor Baru Pekan Ini

Nenek moyang potensi hujan meteor baru adalah Komet 46P/Wirtanen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Meteorit. Ilustrasi. Bumi mungkin akan mengalami hujan meteor baru pada Desember ini ketika planet kita memasuki aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh komet dekat Bumi di sekitar Matahari.
Meteorit. Ilustrasi. Bumi mungkin akan mengalami hujan meteor baru pada Desember ini ketika planet kita memasuki aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh komet dekat Bumi di sekitar Matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi mungkin akan mengalami hujan meteor baru pada Desember ini ketika planet kita memasuki aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh komet dekat Bumi di sekitar Matahari. Meteor-meteor ini akan tampak mengalir dari arah bintang Lambda-Sculptoris, yang berarti nama potensial hujan meteor ini adalah “Lambda-Sculptorids”. 

Nenek moyang potensi hujan meteor baru adalah Komet 46P/Wirtanen, yang ditemukan pada tahun 1948 dan mengorbit matahari setiap 5,4 tahun. Itu jauh lebih cepat dibandingkan komet lain, seperti Komet Halley. 

Baca Juga

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh astronom Observatoire de Paris Jeremie Vaubaillon ingin menjawab pertanyaan mengapa Bumi belum pernah mengalami hujan meteor yang disebabkan oleh puing-puing Komet 46P/Wirtanen sebelumnya. Apa yang mereka temukan adalah peristiwa seperti itu akan terjadi pada Selasa (12/12/2023). 

“Hasilnya menunjukkan kemungkinan perkiraan pertemuan pada 12 Desember 2023, antara pukul 08.00 dan 12.30 UT. Tingkat aktivitas hujan sangat tidak pasti karena tidak adanya laporan hujan sebelumnya,” mereka menulis dalam sebuah makalah yang membahas hasil mereka yang dipublikasikan di repositori arXiv sumber terbuka dan akan dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics, dilansir Space, Senin (11/12/2023). 

“Secara keseluruhan, observasi paling optimal pada hari perkiraan akan dicapai dari Australia Timur, Selandia Baru, dan Oseania.”

Sejumlah hujan meteor terjadi ketika Bumi melewati awan puing-puing yang ditinggalkan oleh komet-komet saat bergerak mendekati Matahari. Saat radiasi dari bintang kita memanaskannya, material pada di dalam komet berubah menjadi gas melalui proses yang disebut sublimasi. 

Saat gas ini meletus dari cangkang es terluar dan keluar dari komet, gas ini menghembuskan puing-puing bebas yang membentuk sejumlah ekor dan aura khas, atau “comas”, dari benda-benda kosmik yang sedingin es ini. 

Puing-puing ini juga dapat mengendap di aliran sungai di sekitar matahari yang kemudian dilalui Bumi pada waktu yang sama kira-kira setiap tahun selama 365,3 hari perjalanan kita mengelilingi bintang kita. 

Ketika hal itu terjadi, pecahan puing memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 162.000 mil per jam (260.731 kpj) atau sekitar 100 kali lebih cepat daripada kecepatan tertinggi jet tempur Lockheed Martin F-16. 

Saat mereka melakukannya, pecahan-pecahan ini terbakar jauh di atas Bumi, menciptakan potongan-potongan cahaya dan pecahan-pecahan  berukuran kerikil yang lebih besar meledak sebagai bola-bola api yang terang. Kecepatan ini bergantung pada sejumlah variabel, termasuk sudut masuknya pecahan ke atmosfer bumi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement