Sabtu 16 Apr 2016 06:51 WIB

April-Mei Bakal Ada Hujan Meteor Eta Aquarid

hujan meteor
Foto: Dominic Alves/Flickr
hujan meteor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan April hingga Mei, Bumi akan dilewati ekor komet Halley. Pada periode 20 April hingga 21 Mei, bumi akan mengalami hujan meteor yang dikenal dengan Eta Aquarids. Puncak hujan meteor ini diperkirakan pada 5-7 Mei, saat Bulan Baru sehingga langit terlihat lebih gelap.

Orang-orang di belahan bumi selatan bisa melihat sekitar 30 meteor jatuh beruntun per jam pada puncaknya. Sementara, orang-orang di belahan bumi utara bisa melihat hujan meteor dengan puncaknya 10 meteor per jam.

Dilansir dari Science Alert, komet Halley membutuhkan waktu sekitar 75 tahun untuk mengorbot matahari. Alhasil, komet ini tidak akan terlihat lagi hingga pertengahan 2061. Namun, setiap bulan April dan Oktober, Bumi bergerak melalui ekor komet yang panjang sehingga penduduk Bumi masih bisa menyaksikan pusing-puing gas komet Halley yang terbakar melewati atmosfer.

Hujan meteor di bulan ini disebut Eta Aquarid sebab hujan meteor terhadi di daerah yang sama di langit dalamkonstelasi Aquarius. Sementara, pada bulan OKtober akan disebut hujan meteor Orionid karena terjadi dekat konstelasi Orion. Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini adalah pagi hari.

baca juga: Astronom Temukan Bintang yang Bisa Kacaukan Model Fisika Modern

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement