Kamis 10 Mar 2016 13:44 WIB

Setelah Marshmallow, Ini Bocoran Android N

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Android-Google
Foto: google
Logo Android-Google

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini Google telah merilis Developer Preview yaitu Android N. Saat ini nama masih disebut ‘N’. Nama resmi sedang dipersiapkan beberapa bulan mendatang untuk peresmian.

Google sejauh ini memperkenalkan preview pengembang dari Android versi baru pada konferensi tahunan yang umumnya berlangsung pada bulan Mei. Kali ini, perusahaan mesin pencarian raksasa ini memberikan pengembang kesmepatan lebih awal dibandingkan biasanya. Pengembang bisa memiliki lebih banyak waktu untuk diberi masukan sebelum resmi dirilis.

Dilansir dari GSM Arena, hal ini memungkinkan Google untuk mn apai final rilis Android N pada musim panas ini. Fitur Android N sejauh ini menambahkan mode multi-window, atau biasa yang disebut split-screen multitasking.

Fitur ini akan dimasukkan oleh pengembang dalam aplikasi mereka dengan menggunakan atribut manifes baru. Setelah terlibat, modus multi-window akan terlihat. Mode ini tidak terbatas pada tablet, tetapi juga akan bekerja pada ponsel, dan bahkan TV. Di smart-TV, pengguna bisa  mendapatkan mode picture-in-picture.

Selanjutnya, di Android N Anda dapat membalas info yang masuk langsung dari pemberitahuan. Ini menggunakan API yang sama seperti Android Wear sehingga setiap aplikasi yang bekerja dengan Wear akan bekerja dengan itu tanpa perlu perubahan kode apapun.

Doze Mode yang ada pada OS Marshmallow untuk menghemat baterai kabarnya masih ada. Namun, mode ini hanya diaktfkan ketika perangkat dalam keadaan standby. Saat ini fitur Android N Developer Preview baru tersedia untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, dan Pixel C.

 

baca juga: Samsung dan Philips Mundur dari Bisnis 3D TV

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement