Sabtu 20 Feb 2016 08:15 WIB

eSIM, SIM Card Mini Masa Depan

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
perangkat yang menggunakan SIM Card mini
Foto: GSM Arena
perangkat yang menggunakan SIM Card mini

REPUBLIKA.CO.ID, Kartu SIM secara perlahan akan berubah menjadi ukuran yang sangat mini dan  mikro untuk nano dan bahkan mereka akan hadir dengan ukuran electron. Dilansir dari laman GSM arena, Samsung Gear S2 Klasik 3G merupakan produk yang pertama yang mendukung standar baru yang disebut eSIM.

Ini adalah SIM diprogram built-in yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke perangkat ke jaringan seluler. Untuk saat ini, Global System for Mobile Association (GSMA) bermaksud menggunakan eSIM untuk perangkat sekunder, seperti smartwatch Gear S2 klasik 3G, tablet, band yang cerdas dan berbagai Internet dari perangkat Atraksi (sehingga Anda tidak perlu plug in kartu SIM yang sebenarnya ke dalam setiap alat pintar di perangkat).

GSMA berencana untuk merilis spesifikasi tambahan pada bulan Juni yang akan membawa standar eSIM untuk smartphone. Sementara Samsung Gear S2 Klasik 3G akan tersedia pada bulan Maret. Esim memiliki dukungan dari beberapa pembuat perangkat mobile terbesar seperti Samsung, LG, Huawei dan Microsoft.

Sementara, Apple absen untuk daftar ini karena Apple memiliki standar khas sendiri. Tidak hanya perusahaan beberapa operator terbesar di dunia, bahkan pembuat chipset juga tertarik.

baca juga: Twitter Tambah Fitur Berbagi Video Melalui Direct Message

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement