Sabtu 25 Nov 2023 14:15 WIB

Bisa Membantu Rakyat Palestina Tetap Online, Apa Itu eSIM?

Saat ini telah mengalir 16 ribu donasi eSIM dari seluruh dunia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
SIM yang tertanam juga dikenal sebagai eSIM. Seperti namanya, ini adalah kartu SIM yang terpasang di ponsel cerdas Anda dan tidak dapat dilepas./  Ilustrasi.
Foto: thenextweb.com
SIM yang tertanam juga dikenal sebagai eSIM. Seperti namanya, ini adalah kartu SIM yang terpasang di ponsel cerdas Anda dan tidak dapat dilepas./ Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penulis dan pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat Connecting Humanity, Mirna El Helbawi telah berupaya untuk memungkinkan masyarakat di Gaza tetap terhubung secara daring dengan seluruh dunia. Dia adalah bagian dari kelompok kecil yang mengumpulkan donasi yang disebut eSIM. Ini memungkinkan pengguna mengaktifkan paket ponsel di jaringan seluler tanpa memerlukan kartu SIM yang sebenarnya.

Dilansir Marketplace, Sabtu (25/11/2023), El Helbawi mengatakan dia telah membantu lebih dari 6.000 orang di Gaza untuk tetap terhubung.  “Kami telah menerima lebih dari 16 ribu donasi eSIM dari seluruh dunia,” kata El Helbawi kepada Lily Jamali dari Marketplace

Baca Juga

SIM yang tertanam juga dikenal sebagai eSIM. Seperti namanya, ini adalah kartu SIM yang terpasang di ponsel cerdas Anda dan tidak dapat dilepas. Dilansir Digital Trends, eSIM menjalankan fungsi yang sama seperti SIM tradisional, hanya saja ia dapat diprogram dan terhubung secara fisik (disolder) ke motherboard ponsel cerdas Anda. 

Sekilas hal ini mungkin tampak bermasalah. Misalnya, saat bepergian ke luar negeri menggunakan ponsel dengan kartu SIM yang dapat dilepas, Anda dapat menukar ke kartu SIM operator lain untuk mendapatkan jangkauan lokal dan menghindari pembayaran biaya roaming dari operator utama Anda. 

Demikian pula, jika Anda ingin berpindah operator lokal namun tetap menggunakan ponsel, kartu SIM dapat dilepas dapat dikeluarkan dan diganti dengan mudah dengan yang baru dalam hitungan detik. Kesan pertama Anda mungkin adalah bahwa hal ini tidak mungkin dilakukan dengan eSIM. 

Namun, teknologi eSIM sebenarnya membuat perpindahan operator menjadi lebih mudah, setidaknya secara teori. Daripada menunggu kartu SIM baru dikirim atau pergi ke toko lokal untuk mengambilnya, Anda dapat beralih langsung dari ponsel dengan memasukkan informasi dari operator Anda, sering kali hanya dengan memindai QR code dengan kamera ponsel cerdas Anda. 

Jika ponsel cerdas Anda memiliki eSIM di dalamnya, Anda akan menemukan opsi dalam pengaturan yang memungkinkan Anda mengonfigurasi eSIM, beralih antara jalur dan operator, dan mengelola akun Anda. Jika Anda pengguna dual-SIM, teknologi eSIM bahkan mungkin mendukung banyak akun, dan beralih di antara akun-akun tersebut sangatlah mudah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement