Kamis 31 Dec 2015 09:18 WIB

Ide-Ide 'Gila' Elon Musk, Pesawat Listrik Hingga Kendaraan Luar Angkasa

Rep: Santi Sopia/arsip/ Red: Dwi Murdaningsih
Roket SpaceX pembawa satelit pemantau cuaca dan badai Matahari diluncurkan 11 Februari 2015 dari Tanjung Canaveral, AS, ke luar angkasa
Track The Hyperloop, kereta yang kecepatannya bisa melampaui kecepatan pesawat

Kereta Hyperloop

Sebelumnya pada 2013, SpaceX pernah memperkenalkan Hyperloop, kereta berkecepatan tinggi berbasis sistem transit. Ada pula Musk Mars Colonial Transporter, sebuah robot kapsul Naga SpaceX yang disebut-sebut bisa masuk ke dalam misi eksplorasi Mars itu pada 2018 sampai 2022.

Dia ingin memindahkan penumpang melalui kereta tabung bertekanan rendah. Sistem ini diperkirakan bisa memindahkan penumpang dari Los Angeles ke San Fransisco hanya dalam waktu 30 menit.

Meksipun ide ini berasal dari Musk, bos perusahaan otomotif ini mengaku tidak memiliki waktu untuk mengerjakan proyek ini sehingga akhirnya sekelompok engineer yang bergabung dalam Hyperloop Transportation Technologies Inc mulai mengumpulkan dana untuk mengerjakan proyek ini. Para engineer ini dikabarkan telah membuat kesepakatan dengan pemilik tanah untuk membuat track percontohan dengan biaya 100 juta dollar AS yang menghubungkan Los Angeles dan San Fransisco.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement