REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM melalui penyediaan layanan 4G LTE dan plarform digital khusus bagi UKM. XL yakin, keberadaan internet cepat akan mampu mendorong produktivitas pelaku bisnis skala kecil dan menengah untuk bisa lebih mengembangkan usahanya.
Kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, melaporkan dukungan XL kepada kalangan UKM melalui penyediaan platform khusus UKM “Digibiz”, serta penyediaan layanan internet cepat 4G LTE, pada acara peluncuran layanan 4G LTE secara nasional di Jakarta, Jumat (11/12).
Dian Siswarini mengatakan, Tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas. Ini berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital.
''Karena itu sudah saatnya rekan-rekan pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitasnya. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet,” kata Dian.
Dian menambahkan, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, bahkan dalam menghadapi perusahaan bermodal besar. Dia menyebut, internet memungkinkan pelaku UKM bisa mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke wilayah yang tanpa internet mustahil bisa dia lakukan.
Guna ikut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UKM sekaligus membantu para pelaku UKM sendiri untuk bisa segera memanfaatkan internet dan teknologi digital, XL juga telah menyiapkan suatu layanan khusus bernama “DigiBiz”.
Layanan ini merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan. XL cukup serius mengembangkan program ini, ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk 3 tahun ke depan, guna mengembangkannya lebih lanjut.
Solusi DigiBiz ini terutama ditujukan bagi pelaku UKM yang memang memiliki kesadaran untuk menggunakan teknologi digital guna membangun bisnisnya. Secara garis besar, Digibiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka.
Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Selanjutnya manfaat terakhir berupa Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan aplikasi ini.