Jumat 11 Dec 2015 07:10 WIB

Pekan Ini, 120 Meteor Jatuh di Puncak Hujan Meteor Geminid

Rep: c11/ Red: Dwi Murdaningsih
hujan meteor
Foto: Dominic Alves/Flickr
hujan meteor

REPUBLIKA.CO.ID, Pada Desember ini akan lebih menyenangkan apabila anda berada di luar pada malam hari. Sebab akan ada tontonan menarik dari salah satu hujan meteor terbaik 2015.

Berdasarkan laman Sciencealert, anda dapat melihat hujan meteor geminid 2015 di langit yang tak berawan. Meteor ini cenderung sangat cemerlang dan berlatarkan bulan sabit. Beruntungnya Anda dapat mendapatkan pandangan yang mengagumkan ini tanpa menggunakan teleskop. Geminid bisa dilihat setiap tahun antara 4 Desember dan 17 Desember.

Fakta Unik Hujan Meteor Orionid

Sementara aktivitas puncaknya pada tahun ini diperkirakan terjadi antara 13 dan 14 Desember bagi mereka yang berada di belahan bumi utara. Dan 15 Desember untuk yang berada di bagian selatan.

Apabila anda berada di bawah bintang-bintang selama puncaknya, Geminid dapat tampil mengesankan dengan 120 meteor per jam. Gugusan gemini letaknya diantara rasi Taurus dan Cancer. (baca juga: Hujan Meteror Leonid)

Geminid dapat menampilkan meteor yang berpergian selama dua atau tiga sekaligus. Berdasarkan BBC, geminid melakukan perjalanan yang lebih lambat, lalu membakar lebih terang daripada kebanyakan meteor lainnya. Dengan perjalanannya yang lama akan terlihat berbagai macam warna seperti putih, kuning, biru, merah atau hijau.

5 Aplikasi untuk Tonton Hujan Meteor

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement