Senin 23 Nov 2015 17:59 WIB

Tiga Alat Canggih yang Dulu Hanya Ada di Film Fiksi

Tec Torch ala senjata Ksatria Jedi di film Star Wars.
Foto:
Leonard Nimoy memerankan Mr Spock dalam seri asli Star Trek.

Anda ingat Mr Spock yang ada di film Star Trek? Teknologi Tricorder Mr. Spock dalam film Star Trek kiranya kini sudah dibuat nyata oleh seorang ilmuwan di Newcastle. Gadget canggih ini kabarnya akan dirilis tahun depan.

Tricorder ini nantinya dapat membantu dunia medis untuk mendiagnosa berbagai macam penyakit dalam hitungan menit. Bentuknya yang handy ini dirancang untuk menganalisis DNA manusia dalam waktu kurang dari 15 menit dengan tingkat akurasi yang hampir sama dengan test laboratorium.

Gadget yang akan di rilis akhir tahun 2016 mendatang ini kabarnya dapat mengobati penyakit sekelas Ebola sekalipun dengan tingkat akurasi yang juga cukup besar. Pencipta tricorder di film Star Trek Jonathan O'Halloran (39 tahun) sangat berharap, perangkat yang sudah ia ciptakan selama delapan tahun ini dapat didunakan. Sehingga kehadirannya dapat membantu para medis untuk mendeteksi suatu penyakit tanpa harus melakukan cek laboratorium.

Alat ini hanya berukuran 20 cm dengan layar dan beberapa ruang kartrid yang dapat melakukan pengambilan sampel darah seseorang. Perangkat ini menggunakan reaksi proses yang disebut polymerase chain ( PCR ) untuk memperbanyak sampel, mendeteksi DNA untuk melakukan tes genetik untuk mengetahui penyakit tertentu.

Setiap kartrid mengandung beberapa zat kimia yang berfungsi untuk menganalisis beberapa penyakit yang di derita seseorang. Hal ini membuat alat tersebut dapat mendeteksi berbagai macam penyakit dalam waktu singkat, hasilnya pun akan muncul di layar dalam waktu 10-15 menit saja

selengkapnya Trikorder ala Star Trek Bisa Deteksi Ebola

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement