Senin 23 Nov 2015 17:59 WIB

Tiga Alat Canggih yang Dulu Hanya Ada di Film Fiksi

Tec Torch ala senjata Ksatria Jedi di film Star Wars.
Foto: Daily Mail
Tec Torch ala senjata Ksatria Jedi di film Star Wars.

REPUBLIKA.CO.ID, Film-film sains fiksi mungkin memberikan inspirasi bagi para ilmuwan atau perusahaan teknologi untuk terus berinovasi dan mengembangkan alat-alat baru. Jika dulu alat-alat canggih hanya ada di film fiksi, kini ilmuwan perlahan menjadikannya nyaa. Berikut ini beberapa alat canggih yang mungkin terispirasi dari film-film

1. Lightsaber ala Star Wars

Angkatan Udara AS sedang mengembangkan teknologi baru yang menyerupai pedang yang dimiliki oleh para Jedi di film Star Wars. Angkatan Udara AS bekerja sama dengan Energitic Material and Product (EMPI) sebuah perusahaan yang biasa mengembangkan aplikasi, produk bahan peledak dan balistik untuk mengembangkan lightsaber yang disebut Tec Torch.

Perangkat ini memiliki panjang 13 inci dan lebar 1,5 inci. Beratnya sekitar 0,5 kg dan dapat dengan mudah mematahkan kunci atau hambatan lainnya. Lightsaber ini tidak akan digunakan di dalam perang, namun akan digunakan untuk membantu mengiris baja di dalam zona perang. Misalnya, untuk membuka kunci atau gembok.

Tec Torch, alat ringan ini menghasilkan pisau yang berbentuk seperti nayala api. Pisau ini bisa menciptakan uap logam dalam waktu yang sangat singkat sebab suhunya mencapai lebih dari 4.000 derajat Fahrenheit. Panas yang sangat tinggi membuat baja dalam keadaan cair. Sementara, gerakan kinetika fisik dari orang yang menggerakkan bisa mengikis 'target sasaran' dengan sangat cepat.

selengkapnya bisa Angkatan Laut AS Kembangkan Lightsaber ala Star Wars

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement