Ahad 22 Nov 2015 13:37 WIB

Google Play Dikabarkan Bakal Rilis Khusus Versi Cina

Rep: c04/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Play. Logo
Google Play. Logo

REPUBLIKA.CO.ID, Google dikabarkan berencana untuk membuat terobosan Google Play terbaru khusus di negara Cina pada 2016 mendatang. Menurut sumber Reuters, versi Cina ini akan berbeda dengan versi Google Play di negara  lainnya. Google Play tersebut akan di rancang khusus di Cina dan tidak akan mengikuti jejak Google versi internasional. Kabarnya, produk ini diharapkan sudah bisa diluncurkan setelah tahun baru Cina tahun depan.

 

Sumber mengatakan Google berniat untuk mematuhi undang-undang di Cina pada hal penyaringan konten yang mungkin dianggap sensitif oleh partai komunis yang berkuasa. Konsekuensinya, Google juga wajib menyimpan database Play Store di Cina.

Google menarik sebagian besar layanan di Cina pada lima tahun lalu lantaran menolak untuk menyensor hasil pencariannya. Chief Executive Sundar Pichai dan beberapa petinggi lainnya mengatakan Google ingin kembali ke Cina. Google Play, kemungkinan akan menjadi debut pertamanya.

Chris MacDonald, ahli etika binsis di Toronto Ryerson University mengatakan Google Play adalah produk awal yang aman bagi Google untuk masuk ke pasar Cina. Namun, menurut dia, Google harus memutuskan produk apa yang cocok untuk dibawa di Cina.

"Mana yang paling sedikit melibatkan data konsumen, mana yang paling mungkin diterima bagi negara yang sensitif secara politik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement