Jumat 13 Nov 2015 12:17 WIB

Cari Planet Mirip Bumi, Astronom Malah Temukan Kembaran Venus

ilsutrasi planet GJ1132b
Foto: Nature/daily mail
ilsutrasi planet GJ1132b

REPUBLIKA.CO.ID, Astronomer menemukan planet baru yang diberi nama GJ1132b. Planet ini berukuran 1,2 kali ukuran bumi atau 16 persen lebih besar.

Sebagaimana bumi yang mengelilingi matahari, planet ini juga mengorbit pada bintang yang bernama Gliese 1132. Bintang Gliese ini berukuran hanya seperlima dari matahari dan berjarak 39 tahun cahaya dari tata surya.

Planet ini merupakan eksoplanet yang paling dekat dengan bumi. stronom menduga, planet ini kemungkinan memiliki gravitasi yang mirip dengan bumi. Namun, planet itu memiliki suhu sekitar 136 derajat celcius, suhu yang cukup panas untuk memanggang kue.

Dari pengamatan menggunakan teleskop MEarth-South, planet ini sebagian besar terdiri dari batu dan besi. Dilansir dari Daily Mail, planet ini memiliki suhu yang mirip dengan planet Venus. Planet ini didominasi oleh helium dan hidrogen. Namun, jika di planet itu pernah ditemukan air, planet itu bukan tidak mungkin juga memiliki oksigen dan karbondioksida.

Dalam jurnal Nature, Zachory Berta-Thompson, astrofisika di Massachusetts Institute of Technology mengatakan pada tahun 2018 mendatang, akan ada teleskop baru yang diluncurkan yang bisa mengukur cahaya yang menggambarkan rincian atmosfer di sana.

"Tujuan utama kami adalah untuk menemukan planet mirip bumi, namun kami justru menemukan kembaran planet Venus," ujar David Charbonnneau, astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement