Senin 09 Nov 2015 03:23 WIB

Priv Disebut Jadi Handset Terbaik Milik Blackberry

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Blackberry Priv
Foto: Daily tech
Blackberry Priv

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BlackBerry merupakan ponsel pilihan bagi jutaan remaja dan pengusaha di seluruh dunia. Bahkan iPhone masih terlalu muda untuk mengejar kesuksesan BlackBerry yang mencapai puncaknya pada 2010. Tahun ini, BlackBerry kembali merilis keluaran terbaru, yaitu BlackBerry Priv. BlackBerry Priv menjadi ponsel pertama yang memakai sistem Android dengan didukung layar sentuh dan keyboard qwerty dalam bentuk slide. Rhiannon Williams menulis review untuk The Telegraph. Dia menyebut Priv sebagai handset terbaik yang dibuat Blackberry.

Priv memiliki bentuk yang lebih tipis dengan ukuran 7,2 inci (jika sepenuhnya dipanjangkan). Priv memiliki layar lengkung 5,4 inchi dengan resolusi 2560x1440, dengan warna-warna yang lebih tajam dan detail, serta hitam yang lebih legam. Dengan menekan dua kali pada layar Corning Gorilla Glass 4, layar akan langsung menyala.

Namun, sliding keyboard yang bisa diturunkan justru menampilkan bagian belakang ponsel yang tidak terlihat bagus dengan warna perak dan kemungkinan besar bisa dipenuhi dengan debu. Lain halnya jika bagian belakang ini dilapisi dengan warna hitam legam seperti di bagian depan.

Sebagai ponsel BlackBerry pertama yang memakai sistem Android, pengguna ponsel ini memiliki akses penuh ke Google Play Store untuk mengunduh banyak aplikasi yang tidak dimiliki tipe ponsel BlackBerry sebelumnya. Priv menggunakan Android 5.1.1 Lolipop dan sementara belum bisa melakukan upgrade ke tipe Android terakhir, yaitu Marshmallow.

Priv dilengkapi dengan 64 byte snapdragon 808 processor dan RAM 3 GB. Selain itu, Priv memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB dan bisa menggunakan microSD dengan memori hingga 200 GB. Tingkat keamanan ponsel BlackBerry tidak perlu diragukan lagi` The DTEK dari BlackBerry adalah portal bagi semua pengaturan keamanan ponsel yang mengizinkan pengguna menambahkan kode akses.

Keyboard Priv bisa membuat 'shortcut' untuk membuka aplikasi-aplikasi yang ada. Misalnya tombol 'w' untuk membuka aplikasi WhatsApp atau tombol 'c' untuk membuka dan menulis pesan email. Kamera belakang BlackBerry Priv dilengkapi dengan Schneider-Kreuznach 18 MP, sedangkan kamera depan hanya 2 MP. Kamera belakang menawarkan gambar optik dengan dual LED flash. Salah satu fitur pentingnya adalah kemampuan untuk mengambil gambar sambil merekam video dengan menekan spasi pada keyboard fisik.

Sementara itu, baterai berkapasitas 3420 mAh dapat bertahan sekitar 22,5 jam dengan penggunaan yang intens. Daya tahan baterai yang kuat ini cukup mengesankan mengingat Priv memiliki layar OLED yang memakan banyak daya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement