Kamis 13 Aug 2015 13:47 WIB

Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Saksikan Hujan Meteor

Rep: c30/ Red: Dwi Murdaningsih
Hujan meteor
Foto: Sakchai Lalit/AP Photo
Hujan meteor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam ini, (13/8) bumi akan mengalami hujan meteor. Hujan metor tahun ini diprediksikan berlangsung semalam (12/8) atau nanti malam (13/8). Jika Anda beruntung, Anda bisa menikmati 100 meteor jatuh setiap jam. Untuk menyaksikan hujan meteor, Anda mungkin memerlukan bantuan aplikasi dari smartphone yang Anda miliki. Dilansir dari Bussiness Insider, aplikasi ini membantu Anda menemukan lokasi dan waktu yang tepat untuk melihat peristwa kosmik tersebut.

1. Dark Sky Meter

Aplikasi ini bisa mengukur kecerahan langit. Apakah langit tempat Anda tinggal bersih atau justru terkontaminasi oleh polusi. Aplikasi untuk iOS ini bisa dibeli dengan harga 0.99 dolar AS. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melihat juga menganalisa tingkat keterangan cahaya, dan dapat melihat planet apa saja yang mungkin memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

2. Aplikasi Star Chart

Ini adalah aplikasi android yang membantu Anda untuk melihat rasi bintang secara virtual di layar ponsel. Setiap hujan meteor, aplikasi ini memberi tahu asal kumpulan meteor yang jatuh pada malam itu.

3. Aplikasi Meteor Shower Kalender

Aplikasi yang bisa didownload di google play ini membantu Anda menentukan kapan saatnya hujan meteor terjadi. Dengan bantuan ini, Anda dapat mengetahui saatnya hujan meteor tiba, atau ketika puncak, dan ketika hujan meteor telah berhenti. Selain itu, melalui aplikasi ini juga memberitahukan kapan hujan meteor selanjutkan tiba.

Hujan meteor Perseid berlangsung pada akhir Juli hingga pertengahan Agustus. Menurut Universe Today, Anda dapat melihat 100 meteor per jam saat menjelang pagi hari, dimulai pukul 4.00 am ET pada Kamis, (13/8).

4. Aplikasi Dark Sky

Aplikasi ini membantu meramalkan cuaca secara umum. Aplikasi ini akan memberitahu Anda kapan hujan akan datang juga dapat memprediksi cuaca dari menit ke menit untuk prediksi satu jam  berikutnya. Aplikasi ini dijual di iOS dengan harga 3,99 dolar AS.

5. Aplikasi Telescope HD

Aplikasi ini memungkinkan ponsel Anda menjadi seperti teleskop untuk melihat benda-benda langit secara lebih dekat. Dengan menggunakan kamera ponsel Anda, Anda bisa men-zoom pada objek langit malam hari seperti bulan, planet, dan bintang-bintang. Dengan aplikasi ini, Anda mungkin bisa membantu menyaksikan hujan meteor Perseid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement