Kamis 14 May 2015 04:33 WIB

Hawking Sebut 100 Tahun Lagi Robot akan Ambil Alih Peran Manusia

Rep: c37/ Red: Dwi Murdaningsih
Stephen Hawking
Stephen Hawking

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jika Anda berpikir penjahat di film Avengers Age of Ultron itu menakutkan dan fiktif, bisa jadi hal itu akan terjadi di kehidupan manusia tidak lama lagi. Fisikawan terkenal, Stephen Hawking menyebutkan robot bisa jadi akan mengambil alih peran manusia pada abad-abad berikutnya.

"Komputer akan menyalip manusia dalam kurun waktu 100 tahun ke depan . Ketika itu terjadi, kita perlu memastikan komputer memiliki tujuan selaras dengan kita,"kata Hawking, ketika berbicara dalam Konferensi Zeitgeist 2015 di London seperti dilansir dari Geek.com, Rabu (13/5).

Menurut dia, pendapat ini cukup beralasan karena akan ada masa dimana komputer akan jauh lebih pintar dibandingkan manusia. Hawking menjelaskan, seseorang bisa membayangkan teknologi yang melebihi kepintaran dari pasar keuangan, melebihi menciptakan peneliti manusia, melebihi manipulasi para pemimpin manusia, dan mengembangkan senjata yang bahkan tidak bisa mengerti oleh manusia.

Dia mengatakan keberhasilan dalam menciptakan teknologi memang menjadi agenda besar dalam sejarah manusia. Namun, hal itu juga akan menjadi bumerang kecuali manusia bisa belajar untuk mengendalikan hal-hal tersebut. Menurut dia, akan sangat mengerikan ketika robot-robot yang notabene merupakan teknologi buatan manusia bisa mengetahui semua password rekening, bisa mentransfer uang ke dalam Robot bank, dan kemudian menggunakan uang tunai sesuka hati tapi tidak membayar tagihan telepon Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement