Rabu 13 Mar 2019 14:14 WIB

Koin Bergambar Lubang Hitam Kenang 1 Tahun Stephen Hawking

Desain koin sudah mendapat persetujuan dari putri Hawking

Koin Stephen Hawking.
Foto: Royal mint
Koin Stephen Hawking.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setahun sudah fisikawan Stephen Hawking meninggal dunia. Royal Mint membuat koin untuk mengenang mendiang Stephen Hawking.

Alih-alih menampilkan Hawking di koin tersebut, desainer justru membuat sesuatu yang lebih absrtak. Desainer membuat desain lubang hitam. Edwina Ellis, sang desainer meyakini desain ini akan disetujui oleh Hawking yang memiliki selera humor yang tinggi.

"Saya ingin memasukkan lubang hitam besar pada koin kecil itu dan berharap dia masih di sini terkekeh pada pemikiran itu," kata pengukir koin Edwina Ellis kepada BBC.

photo
Stephen Hawking.

Koin ini dibuat dengan menggambarkan pusaran lubang hitam dan mengutip rumus Bekenstein-Hawking yakni S = kc ^ 3 A / 4ℏG. Koin ini bukan hanya mengingatkan kembali kepada salah satu pemikir dalam sains modern tapi juga bisa mengingatkan kembali bagaimana cara menghitung entropi termodinamika dari lubang hitam Schwarzschild dari massa yang diberikan.

Desainnya koin ini sudah mendapat persetujuan putrinya Lucy. "Merupakan keistimewaan besar ditampilkan di sebuah koin dan saya harap ayah saya akan senang bersama Sir Isaac Newton dan Charles Darwin sebagai ilmuwan yang berhasil diabadikan dalam uang," kata Lucy kepada BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement