Kamis 22 Jan 2015 16:00 WIB

Microsoft Singkap Fitur-Fitur Windows 10

Rep: MGROL33/ Red: Yudha Manggala P Putra
Windows 10
Foto: PC World
Windows 10

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft menyingkap fitur-fitur sistem operasi (OS) terbarunya Windows 10, Rabu (22/11) waktu setempat. OS yang dirancang lintas platform dari PC desktop, tablet, maupun smartphone ini rencananya bakal digulirkan akhir tahun ini. Update gratis akan tersedia selama setahun untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.

Seperti dikutip dari siaran pers yang diperoleh ROL, salah satu fitur yang diusung Windows 10 adalah Cortana. Fitur yang sebelumnya hanya terdapat pada windows phone, kini dapat digunakan pada PC dan Tablet. 

Cortana merupakan fitur asisten pribadi, yang dapat membantu pengguna dalam memberikan referensi yang relevan, dan akses yang cepat. Interaksi dapat dilakukan melalui suara maupun ketikan.

Fitur lain yang dikenalkan Microsoft adalah peramban baru yang dikenal dengan nama 'Proyek Spartan', yang dibangun dengan tujuan untuk memiliki interoperabilitas.  Beberapa fitur canggih dalam browser mini meliputi kemampuan untuk menambahkan keterangan di halaman web yang tengah diakses secara langsung. 

Selain itu, browser 'Spartan' juga dapat terintegrasi dengan Cortana, mencari dan melakukan hal-hal online diklaim dapat dilakukan secara lebih cepat.

"Windows 10 bukanlah sekedar produk baru, melainkan suatu hubungan yang berkelanjutan – hal yang dapat memberikan nilai berkelanjutan bagi semua pelanggan kami," ujar Executive Vice President, Operating Systems Group, Microsoft Terry Myerson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement