Rabu 10 Sep 2014 03:01 WIB

Apple Luncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
Foto: The Verge
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

REPUBLIKA.CO.ID, CUPERTINO -- Apple akhirnya resmi mengenalkan iPhone generasi terbarunya di Cupertino, California, AS, Selasa (9/9) waktu setempat. Perusahaan berlogo buah apel tergigit meluncurkan ponsel cerdas teranyarnya tersebut dalam dua versi berdasarkan ukuran layar. 

Model pertama adalah iPhone 6. Ia memiliki layar retina 4,7 inci dengan resolusi 1334x750 piksel. Yang kedua, iPhone 6 Plus, layarnya lebih lebar 5,5 inci dengan resolusi 1920x1080 piksel (full-HD).

Tampilan fisik duo iPhone 6 sedikit banyak mengadopsi desain iPad Air dan iPad Mini. Ujung sisi bodinya lebih membulat, termasuk desain layarnya.

Ia juga lebih tipis dari perangkat Apple sebelumnya. Masing-masing memiliki tebal 6,8 milimeter dan 7,1 milimeter. Uniknya tombol tidur/bangun-nya kini sudah digeser ke sisi kanan bodi, tak lagi di atas. Apple menyebut pemindahan untuk mempermudah pengguna menjangkau tombol tersebut, mengingat ukuran iPhone 6 dan iPhone 6 plus telah membengkak.

Kedua smartphone sudah dibekali prosesor terbaru, A8. Prosesor 64-bit terbaru ini disebut 25 persen lebih ngebut dan ukurannya 13 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya, A7.

"Ini adalah ponsel terbaik yang pernah dibuat," ungkap Senior Vice President untuk pemasaran di Apple Phil Schiller saat acara peluncuran di Flint Center di Cupertino, California.

"Keduanya adalah yang terhebat yang pernah kita rancang. Dan saya rasa terbaik yang pernah dilihat siapapun."

Soal kamera, baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus masih mengandalkan optik sebesar 8 megapiksel namun dengan sejumlah tambahan fitur dan teknologi baru.

iPhone 6 Plus, misalnya, sudah dilengkapi penstabil optik yang mampu mereduksi hasil buram pada foto maupun video akibat getaran. Fitur baru lain termasuk coprosesor M8, NFC, jaringan LTE dan Wi-Fi 802.11ac.

iPhone 6 sudah berjalan dalam iOS 8 dan tersedia dalam pilihan warna gold, silver, space grey. Keduanya akan dijual di AS 19 September 2014. Pemesanan bisa dilakukan mulai 12 September.

Tidak hanya meluncurkan iPhone dan iPhone 6 Plus, Apple dalam acara ini juga mengenalkan produk pertama mereka di pasar wearable device, Apple Watch. Jam tangan pintar ini mulai dipasarkan awal tahun depan dengan banderol 349 dolar AS atau Rp 4,1 jutaan.

sumber : The Verge/Recode
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement