Senin 17 Mar 2014 17:42 WIB

VMWare Rilis Peranti Lunak Defined Storage Pertama

Vmware
Foto: Antara
Vmware

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--VMWare meluncurkan peranti lunak Defined Storage pertama,  VMware Virtual SAN. Peranti lunak ini dibangun langsung ke dalam kernel VMware vSphere.

VMware Virtual SAN diklaim mampu menyediakan tingkat baru storage hypervisor-terkonvergensi. Mengabtraksikan dan mengumpulkan disk magnetik internal dan perangkat flash dari server x86 yang menjadi standar di industri untuk menghasilkan datastore bersama berkinerja tinggi dan tangguh untuk mesin virtual (VM).

Berdasarkan pengukuran internal, VMware Virtual SAN memiliki 2 juta input/output operations per second (IOPS) untuk read-only workload pada 32 node cluster dan 640.000 IOPS untuk mixed workload cluster pada 32 node cluster.

"Hari ini VMware mengubah cara storage telah dioperasikan sampai saat ini," kata John Gilmartin, vice president and general manager, SDDC Suite Business Unit, VMware.

IA menambahkan bahwa VMware Virtual SAN adalah solusi storage sangat sederhana yang optimal untuk lingkungan virtual yang membawa pendekatan aplikasi-sentris untuk manajemen storage. ''Pelanggan yang mengetahui VMware vSphere juga mengetahui VMware Virtual SAN, dan dapat mengandalkan kesamaan itu untuk menjalankan bisnis menggunakan VMware Virtual SAN," kata Gilmartin.

VMware Virtual SAN menyederhanakan penyediaan dan manajemen storage serta mengurangi total biaya kepemilikan (TCO) yang memungkinkan model operasional lebih lincah. Peranti lunak ini juga memberikan keandalan dan ketahanan dari sebuah sistem storage enterprise, dan sangat tangguh melindungi terhadap kehilangan data dalam hal terjadi kegagalan hardware. Sehingga dinilai cocok untuk digunakan lingkungan virtual seperti Virtual Desktop Infrastructure (VDI ), pengujian/pengembangan, dan pemulihan bencana.

Pada peranti lunak terbaru tersebut,didukung sejumlah fitur seperti aitektur Hypervisor-terkonvergensi. Fitur  ini tertanam dalam kernel VMware vSphere, sehingga VMware Virtual SAN menghantarkan jalur data yang paling efisien untuk kinerja yang unggul dan meminimalkan pemanfaatan sumber daya mengakibatkan konsumsi kurang dari 10 persen dari sumber daya CPU.

VMware Virtual SAN menggunakan flash untuk memberikan percepatan kinerja melalui read/write caching. Perangkat lunak ini menyediakan pendekatan granular dan elastis terhadap penyediaan kinerja dan kapasitas yang memungkinkan pelanggan untuk secara linear melakukan skalabilitas cluster yang dibutuhkan dengan menambahkan sejumlah node ke sebuah cluster atau sejumlah disk ke node tersendiri.

Selanjutnya, dengan kebijakan storage berbasis manajemen, VMware Virtual SAN menggeser model manajemen untuk storage dari perangkat ke aplikasi. Satu VMware Virtual SAN datastore dapat memberikan tingkat layanan berbeda berdasarkan kebijakan VM tersendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement