Sabtu 11 Jan 2014 17:19 WIB

Penjualan PC Anjlok Sepanjang 2013

Rep: Friska Yolandha/ Red: Yudha Manggala P Putra
PC
Foto: blogspot.com
PC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komputer pribadi atau personal computer (PC) mulai semakin ditinggalkan. Manusia modern kini lebih memilih komputer jinjing atau yang lebih praktis, smartphone. Akibatnya, penjualan PC desktop global anjlok sepanjang 2013.

Lembaga riset Gartner Inc melaporkan, pengiriman PC turun 10 persen di sepanjang 2013. Produsen hanya mengapalkan 315,9 juta unit PC.

Penurunan ini lebih buruk bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu sebesar 3,9 persen. "Ini merupakan penurunan terburuk sepanjang sejarah," ujar peneliti Gartner dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (11/1).

Konsumen di Amerika Serikat (AS) telah menghapus PC dari daftar belanja mereka. Sementara, pembeli di Asia lebih memilih tablet dan smartphone. Tugas komputasi berpindah ke aplikasi yang telah disesuaikan dengan perangkat nirkabel.

Penjualan PC global di sepanjang kuartal IV turun 6,9 persen. Ini merupakan kali ketujuh penurunan penjualan secara berturut-turut. Gartner mencatat, penjualan di sepanjang kuartal IV hanya 82,6 juta unit.

Lenovo Group Ltd bertahan di posisi pertama sebagai perusahaan produsen PC terbesar. Pangsa pasar perseroan mencapai 18,1 persen pada kuartal IV. Hewlett-Packard Co berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 16,4 persen. Sayangnya, di kuartal IV penjualan perseroan turun 7,2 persen. Dell Inc menempati posisi ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement