Ahad 19 Feb 2023 09:15 WIB

Empat Alasan Gunakan Mouse Gaming Meski tak Bermain Gim

Mouse gaming lebih responsif, dapat disesuaikan, dan tersedia dalam berbagai bentuk.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Mouse gaming logitech. PC World Menyarankan penggunaan mouse gaming untuk sehari-hari.
Mouse gaming logitech. PC World Menyarankan penggunaan mouse gaming untuk sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda ingin membeli tetikus baru untuk home office setup Anda, ada baiknya pertimbangkan untuk mendapatkan mouse atau tetikus yang dirancang khusus untuk bermain gim. Anda tidak perlu menjadi seorang pemain gim untuk menggunakannya.

Dilansir dari PC World, Ahad (19/2/2023), tetikus gaming lebih responsif, dapat disesuaikan, dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ditambah, ada pilihan kabel dan nirkabel untuk perangkat tersebut.

Baca Juga

Berikut ini beberapa alasan kuat mengapa tetikus gaming bagus untuk siapa saja.

1. Kepekaan

Tetikus gaming memiliki dots per inch (DPI) yang lebih tinggi daripada tetikus biasa, yang secara langsung memengaruhi sensitivitas dan daya tanggap. DPI adalah indikasi yang baik tentang seberapa cepat tetikus bergerak melintasi layar. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat bergeraknya. Untungnya, sebagian besar tetikus gaming memiliki tombol fisik yang memungkinkan Anda mengubah DPI dengan cepat.

Jika Anda mengambil tetikus tanpa tombol DPI, Anda dapat dengan mudah mengubahnya di pengaturan komputer Anda. Untuk tugas sehari-sehari, kisaran DPI paling nyaman adalah 800 hingga 1.200.

2. Ergonomi

Tetikus gaming dirancang untuk digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga kenyamanan pribadi menjadi faktor utama. Perangkat tersebut menawarkan cengkeraman alami dan tempat alami yang nyaman untuk mengistirahatkan ibu jari Anda.

Ini membantu meringankan ketegangan pada tangan dan pergelangan tangan. Tetikus gaming juga dirancang untuk gaya pegangan yang berbeda seperti telapak tangan, tangan, dan ujung jari.

Sebaliknya, tetikus tradisional cenderung datar dan tidak terangkat atau miring. Perangkat itu kekurangan dukungan yang dibutuhkan untuk menjaga tangan Anda dalam posisi alami.

3. Tombol ekstra dan kemampuan makro

Tetikus gim memungkinkan Anda menautkan tombol fisik ke perangkat lunak, perintah dalam gim, dan sebagainya. Idenya adalah untuk mengakses pintasan hemat waktu dengan mudah.

Namun, jika Anda menggunakan tetikus gaming untuk bekerja atau tugas sehari-hari, banyak tombol itu mungkin berlebihan. Meskipun demikian, Anda masih dapat memprogram tombol-tombol ini untuk membantu memaksimalkan alur kerja dan menghemat waktu Anda.

Anda dapat mengaturnya untuk menyalin dan menempel informasi, menutup dan membuka tab browser, dan sebagainya. Tetikus biasa tidak memiliki semua tombol tambahan ini, yang berarti Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengklik.

4. Pencahayaan RGB

Jika Anda ingin menambahkan sedikit gaya pada home setup Anda, pencahayaan RGB adalah pilihan yang tepat. Fitur ini hanya ada untuk mengatur suasana hati. Jika menurut Anda pencahayaan RGB terlalu mengganggu, Anda selalu dapat mematikannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement