Jumat 01 Nov 2013 03:50 WIB

Google Akhirnya Luncurkan Nexus 5

Nexus 5.
Foto: The Verge
Nexus 5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google akhirnya meluncurkan smartphone teranyarnya Nexus 5. Ponsel cerdas pertama yang berjalan dalam sistem operasi Android KitKat (versi 4.4) ini dikenalkan di San Fransisco Kamis (31/10) waktu setempat.

Seperti dilansir BBC, smartphone yang dirakit LG ini lebih kecil, tipis dan ringan dibanding pendahulunya, Nexus 4. Layarnya juga lebih besar, yaitu 4,96 inci dengan resolusi 1,920x1,080-piksel HD, atau setara dengan resolusi layar milik LG G2. 

Kelebihan lain yang merupakan perbaikan dari versi terdahulunya adalah ia sudah bisa menggunakan jaringan 4G LTE.

Nexus 5 juga dipastikan memiliki kinerja lebih 'gahar' dari versi 4. Ia sudah dibekali prosesor Snapdragon 800 berkecepatan 2.2Ghz dengan empat inti (quadcore).

RAM yang tersedia sebesar 2 gigabita (GB) dengan dua pilihan kapasitas media penyimpanan, 16 GB dan 32 GB. Dengan baterai berkapasitas 2,300 mAh ia diklaim bisa bertahan hingga seharian penuh.

Salah satu yang dianggap kekurangan adalah bodinya yang terbuat dari plastik. Meski begitu desainnya tidak terkesan murahan.

Nexus 5 juga masih menggunakan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel dan kamera belakang 8 megapiksel. Namun, berbeda dengan versi sebelumnya ia dilengkapi sejumlah fitur baru, seperti optical image stabilization dan juga fitur HDR+.

Perangkat ini sudah tersedia untuk 10 negara dan sudah mulai dijual di Google Play Store. Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih, Nexus 5 dibanderol dengan harga 349 dolar AS (Rp 3,8 jutaan) untuk kapasitas 16GB dan 399 dolar AS (Rp 4,3 jutaan) untuk yang versi 32 GB.

sumber : BBC/Cnet
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement