Kamis 18 Jul 2013 01:21 WIB

Cara Produsen Lokal Gaet Konsumen 'Feature Phone'

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tablet Cyrus
Tablet Cyrus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangsa pasar ponsel middle end saat ini cukup potensial. Ini karena, konsumen yang tak lagi puas dengan feature phone mulai beralih ke level setingkat di atasnya.

Marketing Director PT. Mitra Komunikasi Nusantara (Cyrus), Budiasto Kusuma potensi tersebut kini banyak dilirik produsen lokal.

Ini yang kemudian membuat produsen lokal memperkuat penestrasi pasar melalui segmen middle end ini.  "Data GFK memperlihatkan ada kenaikan 50 persen dari konsumen yang beralih dari feature phone ke middle end," kata dia di Jakarta, Rabu (17/7).

Dengan label smartphone, tentu konsumen akan tergiur dengan sendirinya. Betapa tidak, penampilan, fitur dan teknologi yang disematkan diklaim lebih canggih ketimbang feature phone. Harganya pun tak menguras kantong. Apalagi sejumlah vendor juga mengiming-imingi cicilan murah meriah. Klop sudah.

"Dengan ponsel yang berada di atas feature phone, konsumen bisa merasakan pengalaman yang berbeda," kata dia.

Dalam kasus ini, Cyrus serius membidik pasar potensial ini. Tiga jenis ponsel telah disiapkan, seperti Cyrus Apple dan Cyrus Cherry. Yang terbaru, Cyrus merilis Glory. Ponsel smartphone ini memang dibekali kemampuan menjawab kebutuhan konsumen akan dua hal layanan data dan aktualisasi teknologi.

Spesifikasinya jelas tak berbeda jauh dengan kompetitor lain. Cyrus Glory misalnya, dibekali prosesor 1 GHz Dua Core dan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2. Perkara konektivitas juga diperhatikan semisal dengan menyematkan jaringan HSDP+ dengan klaim mampu mencapai kecepatan 21 MBps. Belum lagi penampilannya yang menyenangkan mata konsumenya yakni layar 4 inch berkamera 5 MP.

"Anda tahu, ketika Anda bilang ponsel Anda sudah Jelly Bean, pertanda ponsel Anda sudah canggih," kata dia.

Sebagai daya tarik tambahan, Cryus juga membundling produknya dengan operator terbesar tanah air dengan bonus-bonus menjanjikan seperti gratis paket data 800 MB per bulan selama setahun, gratis panggilan telepon 210 menit, gratis pesan singkat 210 sms dan voucher majalah digital senilai 500 ribu rupiah.

Bicara harga, Cyrus Glory dibanderol 1.2 jutaan. Namun, konsumen baru bisa mendapatkannya 25 Agustus mendatang. Sebelum itu, Cyrus menyiapkan pre order yang berlaku 17 Juli-17 Agustus 2013. Sebanyak 1.000 unit disiapkan untuk pre order. Bagaimana tertarik punya Hape baru?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement