Selasa 18 Dec 2012 17:42 WIB

Jadi, Benarkah iPad Mini Kanibalisasi iPad?

Konsep desain iPad mini berukuran 7,85 inchi
Foto: Ciccarese Design/Federico Ciccarese
Konsep desain iPad mini berukuran 7,85 inchi

REPUBLIKA.CO.ID, Tak seperti yang diprediksikan sebelumnya, sebuah survei yang dilakukan terhadap seribu konsumen di AS menunjukkan bahwa iPad mini yang lebih kecil, lebih murah tak lantas mencaplok penjualan saudara tuanya, model iPad lebih besar.

Hasil survei menunjukkan bahwa 47 persen pembeli iPad mini mayoritas adalah pengguna baru Apple. Menurut analis, Katy Huberty, kecemasan mengenai kanibalisasi iPad--yakni pengguna membeli iPad mini alih-alih iPad konvensional--terlalu dilebih-lebihkan.

Pembagian pasar Apple secara mengejutkan tetap stabil. Tablet versi mini itu bahkan menyumbang 34 persen pembelian total iPad.

Apple meluncurkan iPad mini berukuran 7,9 inchi pada 23 Oktober dan dilempar ke publik pada 2 November. Tablet itu jawaban Apple terhadap tantangan Android 7 inchi seperti Nexus 7 dan Nook Color. iPad mini disebut lebih ringan dari pesaingnya dan publik sepertinya dibuat antusias cepat dengan kehadiran tablet baru.

"iPad mini justru akan menambah penjualan keseluruhan, meski juga memotong beberapa penjualan iPad namun itulah risiko yang diambil perusahaan (Apple), " ujar analis Forrester, Sarah Rotman Epps, seperti yang dikutip Wired, saat iPad baru saja dilepas 2 November lalu. "Mereka mungkin kehilangan sedikit karena produk yang lebih murah, namun tetap mengusai pasar," imbuhnya.

Meski Samsung lebih dari sekedar menghantui Apple dalam ruang ponsel cerdas, Apple masih mendominasi dunia tablet. iPad tetap digdaya meraup 50 persen pasar tablet dunia, menurut hitungan Morgan Stanley. Situasi itu pun diprediksi masih belum berubah dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement