Selasa 07 Aug 2012 04:24 WIB

Makin Panas, Pertarungan Apple-Samsung di Australia

Apple vs Samsung
Foto: mactrast.com
Apple vs Samsung

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dua produsen ponsel pintar dunia, Apple Incorporated dan Samsung Electronics, terlibat pertarungan klaim paten di sejumlah negara, tapi hanya di Australia keduanya terlibat dalam pengadilan "panas"

Reuters menyebut istilah 'bak mandi panas' untuk pertarungan paten itu yang merujuk pada kesaksian sejumlah ahli di pengadilan secara serentak atau bersama dalam ruang saksi--bukan kesaksian satu per satu sebagaimana pengadilan umum.

Praktik kesaksian bersama itu telah menjadi pemandangan yang lumrah dalam teknik pengadilan kompleks di Australia seperti perselisihan paten Apple dan Samsung.

Para pendukung praktik itu berpendapat praktik kesaksian itu menghemat waktu dan sumber daya, selain mencegah agar para ahli tidak tidak disewa oleh penggugat dan memberikan kesaksian yang berlebihan.

"Saya kira dalam kasus seperti ini, praktik kesaksian bersama merupakan pendekatan yang tepat," kata pengacara paten dari kantor pengacara Watermark Australia, Mark Summerfield.

Australia menjadi salah satu negara di mana Apple dan Samsung terlibat klaim paten. Apple menuduh Samsung telah meniru desain dan fungsi sejumlah tablet dan ponsel pintar.

Sementara, Samsung juga menuduh balik Apple karena melanggar paten teknologi transmisi nirkabel.

Mekansime kesaksian dalam kasus Apple-Samsung itu mengubah sistem peradilan negeri Australia menjadi lebih jeli seperti halnya pengadilan di Eropa dan Asia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement