Kamis 25 Apr 2024 16:51 WIB

Ada Masalah Pengaturan Notifikasi di One UI 6.1 Samsung, Begini Cara Mengatasinya

One UI 6.1 baru tersedia pada ponsel pintar Samsung seri Galaxy S24.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Samsung Galaxy S24.
Foto: Samsung
Samsung Galaxy S24.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dirilis melalui seri Galaxy S24, Samsung akan meluncurkan antarmuka pengguna versi terbaru, One UI 6.1, ke beberapa model ponsel lain. Meski One UI 6.1 akan membawa banyak fitur AI baru ke model-model ponsel lama, One UI 6.1 juga memiliki perubahan yang kurang disukai pengguna.

Salah satu perubahan dari One UI 6.1 yang kerap dikeluhkan oleh pengguna berkaitan dengan sebuah toggle baru bernama "Manage notification categories for each app" atau "Kelola kategori notifikasi untuk setiap app".

Baca Juga

Secara umum, fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk memilih jenis atau kategori notifikasi yang bisa dikirimkan oleh sebuah aplikasi pada ponsel pengguna. Sebagai contoh, pengguna bisa mengatur agar aplikasi X hanya memunculkan notifikasi bila ada pesan masuk dan tidak memunculkan notifikasi bila mendapatkan like pada unggahan.

Yang menjadi masalah, ketika pengguna melakukan pembaruan ke One UI 6.1, toggle "Manage notification categories for each app" akan dalam kondisi nonaktif secara default. Akibatnya, pengaturan notifikasi untuk setiap aplikasi yang sudah pernah dibuat sebelumnya akan menjadi tidak aktif.

Kabar baiknya, pengguna tidak perlu mengatur ulang semua kategori notifikasi pada semua aplikasi secara satu per satu. Berikut ini adalah langkah mudah untuk mengembalikan pengaturan notifikasi setelah melakukan pembaruan antarmuka pengguna ke One UI 6.1, seperti dilansir Android Police pada Rabu (24/4/2024).

Ini langkah mengembalikan pengaturan notifikasi.

  1. Buka aplikasi Setting (Pengaturan) dan pilih menu Notifications (Pemberitahuan).
  2. Scroll menu Notifications (Pemberitahuan) ke bawah dan buka opsi Advanced settings (Pengaturan lanjutan).
  3. Scroll hingga ke bawah dan temukan toggle bernama "Manage notification categories for each app" atau "Kelola kategori pemberitahuan untuk setiap app". Nyalakan atau aktifkan toggle tersebut.

Setelah ketiga langkah ini diikuti, semua pengaturan notifikasi untuk setiap aplikasi akan kembali seperti sebelumnya. Oleh karena itu, pengguna yang sudah memperbarui antarmuka pengguna One UI 6.1 sebaiknya tidak lupa untuk mengaktifkan toggle "Manage notification categories for each app" di ponsel mereka.

Saat ini, One UI 6.1 baru tersedia pada ponsel pintar Samsung seri Galaxy S24. Akan tetapi, Samsung berencana akan menghadirkan One UI 6.1 untuk beberapa seri lain, seperti seri Galaxy S23, seri Galaxy Z Flip 5, serta seri Galaxy Z Fold 5.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement