Selasa 30 Apr 2024 09:56 WIB

Nintendo Switch Terbaru Bakal Gunakan Komponen Samsung

Nintendo Switch akan gunakan layar hingga memori buatan Samsung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Logo Nintendo Switch. Nintendo Switch 2 akan menjadi perangkat game baru pertama dari Nintendo Jepang dalam delapan tahun.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Logo Nintendo Switch. Nintendo Switch 2 akan menjadi perangkat game baru pertama dari Nintendo Jepang dalam delapan tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Nintendo Switch 2, yang akan menjadi perangkat game baru pertama dari Nintendo Jepang dalam delapan tahun, diperkirakan akan menampilkan sejumlah besar teknologi dari Samsung Electronics. Berbagai produk Samsung, mulai dari layar hingga memori dan layanan pembentukan produk, diyakini akan digunakan dalam perangkat ini, membuatnya hampir seperti produk "buatan Samsung".

Dilansir Business Korea pada Selasa (30/4/2024), berdasarkan sumber industri yang dilaporkan pada 24 April 2024, Nintendo Switch 2 dijadwalkan akan dirilis pada paruh kedua tahun ini. Bahkan, industri suku cadang telah mencapai kesepakatan yang signifikan untuk kontrak produksi awal.

Baca Juga

Model konsol unggulan Nintendo, Nintendo Switch pertama kali diluncurkan pada 2017. Nintendo Switch ini terus menjadi salah satu produk yang paling diminati dan mendominasi pasar. Produk ini berkontribusi pada kapitalisasi pasar Nintendo yang melampaui 10 triliun yen (sekitar Rp 1 kuadriliun) bulan lalu.

Bloomberg telah menganalisis bahwa lebih dari 10 juta unit Nintendo Switch 2 diperkirakan akan terjual dalam tahun fiskal pertamanya, sebanding dengan penjualan global seri Galaxy Foldable tahun lalu.

Secara khusus, pabrik Samsung Electronics diproyeksikan untuk menangani unit pemrosesan utama untuk Nintendo Switch 2. Kemungkinan besar, chip Tegra T239 dari Nvidia, yang diproduksi menggunakan proses 7LPH Samsung, akan digunakan dalam perangkat tersebut.

Selain itu, Samsung Electronics juga akan memproduksi memori bernilai tambah tinggi, termasuk V-NAND generasi kelima yang diharapkan akan dimasukkan dalam kartrid game dan memori internal.

Samsung juga dipilih untuk memasok komponen utama seperti layar, demi mengatasi persaingan dari China. Pada 2021, Nintendo beralih ke panel dari Samsung Display ketika meluncurkan model OLED dari Nintendo Switch pertama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement