Selasa 10 Jan 2012 16:04 WIB

Dinosaurus Dulu Berkeliaran di Cina? Ada Fosil Jejak Kaki di Beijing

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Cina bisa jadi salah satu wilayah jelajahan para reptil raksasa purba. Para ilmuwan pra-sejarah mengatakan, telah ditemukan jejak kaki fosil dinosaurus yang berusia sekitar 140 hingga 150 juta tahun lalu dipinggiran Kota Beijing.

Menurut Zhang jianping, Peneliti dari Universitas Cina Geoscience, jejak ditemukan disebuah taman geologi di Yanqing. "Ini adalah jejak kaki pertama yang ditemukan disini," kata zhang, Senin (9/1).

Jejak kaki itu berasal dari dinosaurus yang hidup sekitar 140 hingga 150 juta tahun yang lalu atau pada periode Jurassic akhir. Setelah Ahli paleontologi menghitung jejak kakinya, Ia mengatakan jejak kaki ini terbentuk tujuh sampai delapan garis dari langkah yang berturut-turut.

Penemuan ini akan bermanfaat bagi studi kategori dinosaurus China pada akhir periode kapur dan periode awal jurassic. Dari penemuan tersebut juga bisa mengetahui, penyebab spesies semacam itu tersebar di China."Ini pertama kalinya, China menemukan 'thyreophora','ornithopod' dan jejak kaki Sauropoda," kata Zhang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement