Selasa 15 Mar 2011 19:30 WIB

Dalam Sepekan Apple Lepas 1 Juta iPad 2

iPad Generasi 2
Foto: WIRED
iPad Generasi 2

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Apple Inc telah berhasil menjual hampir satu juta unit iPad 2, generasi terbaru dari komputer tablet-nya di Amerika Serikat, hanya dalam waktu satu pekan setelah diluncurkan Jumat (11/3).

Sekedar perbandingan saja, ketika meluncurkan iPad generasi pertama, April 2010 silam, butuh waktu 28 hari untuk bisa menjual lebih dari satu juta unit komputer tablet canggih itu.

iPad 2 mulai dipasarkan di AS Jumat pekan lalu di toko-toko resmi Apple, AT&T, dan outlet-outlet Verizon Wireless seperti Target, Wal-Mart, dan Best Buy.

"Semua pengecek lapangan kami selama sepekan ini melaporkan bahwa iPad 2 telah terjual habis baik di toko-toko Apple maupun non-Apple," papar Brian White, seorang analis pada Ticonderoga Securities seperti dikutip Reuters.

"Nyatanya semua toko telah menguras semua persediaan iPad 2 pada Sabtu (12/3) sore dan tidak ada lagi pengiriman iPad baru di hari Minggu (13/3)," katanya melanjutkan.

Sementara beberapa pengamat tidak merasa heran dengan pencapaian iPad 2, karena mereka telah mengantisipasinya.

"Kami tidak akan terkejut jika Apple bisa menjual nyaris sejuta iPad 2 di akhir pekan," kata Scott Sutherland.

Best Buy mengatakan, Jumat, sejumlah tokonya kehabisan stok iPad 2 dan semua aksesorisnya hanya dalam 10 menit.

Komputer tablet terbaru dari Apple itu didesain lebih tipis, bekerja lebih cepat, dan dilengkapi dengan sepasang kamera. iPad 2 dihargai mulai dari 499 dollar AS.

Keberhasilan iPad 2 yang diraih dalam waktu cepat itu merupakan sebuah pertanda akan terjadinya gelembung tablet global, ketika pasokan bisa melampaui permintaan komputer tablet hingga sekitar 36 persen, terang Mark Moskowitz, analis dari lembaga keuangan JP Morgan.

Samsung dan Motorola sebelumnya telah juga meluncurkan komputer tablet, sementara Research In Motion, produsen Blackberry, dan Hawlett-Packard Co, juga akan meluncurkan produk serupa dalam beberapa bulan mendatang.

Pangsa pasar komputer tablet Apple diharapkan mencapai 61 persen pada 2011 dan para pesaingnya tampaknya akan sangat susah untuk menarik pelanggan, sambung Moskowitz.

Sementara itu iPad 2 rencananya akan segera diluncurkan di lebih banyak negara pada 25 Maret.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement