Jumat 31 Dec 2010 18:40 WIB

Virus Serang Ponsel Android di Cina

Logo Android-Google
Foto: google
Logo Android-Google

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON - Sebuah virus bandel menargetkan ponsel cerdas di Cina yang dijalankan dengan platform Android. Virus ini, menurut sejumlah ahli, adalah yang paling canggih untuk menargetkan perangkat mobile  saat ini.

Perusahaan anti-virus  Lookout Mobile Security memperkirakan bahwa jumlah ponsel yang telah terinfeksi oleh virus, dijuluki Geinimi, berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Para peneliti mengatakan bahwa serangan virus belum menjadi bencana. Mereka juga belum menemukan motif di balik serangan virus ini.

Geinimi memunculkan kekhawatiran bahwa hacker beralih  fokus dari menyerang PC ke perangkat mobile. Hal ini sangat riskan mengingat kini banyak pengguna semakin cenderung menempatkan data sensitif dalam saku mereka.

Ponsel terkontaminasi  Geinimi ketika pengguna men-download aplikasi perangkat lunak yang telah dikemas kembali untuk memasukkan virus, menurut peneliti dari Lookout dan Symantec Corp. Bahkan, bisa membonceng games seperti Monkey Jump 2, President vs Aliens, City Defense, dan Baseball Superstars 2010. Namun, kata mereka, sejauh ini aplikasi resmi untuk Android masih aman.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement