Jumat 30 Apr 2010 06:17 WIB

Triwulan Pertama 2010, Pelanggan XL Naik 1,5 Juta

JAKARTA--XL Axiata membukukan pendapatan Rp 4,2 triliun  dengan EBITDA RP 2,1 triliun pada triwulan pertama tahun 2010. Dari pendaptan itu, XL membukukan laba bersih Rp 598 miliar. Laba bersih ini mengalami peningkatan sekitar 18 persen dibandingkan dengan laba bersih triwulan ke empat tahun 2009.

Sementara itu, jumlah pelanggan RGB (Revenue Generating Base) mengalami peningkatan 5 persen dengan jumlah total pelanggan RGB pada triwulan pertama 2010 sebesar 32,9 juta di bandingkan dengan jumlah pelanggan RGB pada akhir tahun 2009 sebesar 31,4 juta. Dengan demikian pada tiga bulan terakhir pelanggan XL naik sebanyak 1,5 juta.

Pada triwulan pertama 2010, penggunaan outgoing minutes meningkat 17 persen year on year menjadi 23,3 miliar menit. SMS meningkat 235 persen year on year menja di 32,2 miliar SMS. Peningkatan penggunaan ini mendorong pertumbuhan ARPU sebesar 21 persen year on year menjadi Rp. 35.000.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan kinerja XL didukung oleh peningkatan pendapatan dari data. Triwulan pertama, pendapatan dari data mengalami peningkatan hingga 349 persen dibandingkan pendapatan periode sama tahun 2009. ''Layanan data memberi kontribusi 7 persen dari total pendapatan dengan pelanggan sebanyak 12,4 juta,'' kata Hasnul.

Pertumbuhan pesat ini, kata Hasnul, di dorong oleh popularitas aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan chatting, selain juga terse di anya ponsel pintar dengan harga yang semakin terjangkau.” Untuk lebih meningkatkan penggunaan data, tahun ini XL mengalokasikan 25 persen dari belanja modal untuk layanan data.

XL telah meluncurkan berbagai layanan data dengan tarif yang lebih terjangkau. Untuk pelanggan BlackBerry, XL memperkenalkan paket “BB Gaul”, sebuah layanan BlackBerry terbatas tanpa web browser dan push mail dengan tarif sangat terjangkau. Sementara itu, bagi  pelanggan yang tidak menggunakan ponsel pintar, XL memperkenalkan layanan “SMS Facebook” yang selain tarifnya terjangkau, juga memungkinkan pelanggan melakukan berbagai aktitivas di Facebook termasuk menerima update informasi tidak terbatas dari teman Facebook.

Hingga akhir Maret 2010, XL telah memiliki 19.904 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) yang telah menjangkau lebih dari 90% populasi di seluruh pelosok Indonesia. Ini merupakan wujud nyata dari komitmen untuk peningkatan kualitas layanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement