Senin 30 Jan 2023 16:01 WIB

Keren, Google Buat AI Musik, Cukup Tulis Teks Jadilah Lagu

AI ini bisa membaca gambar dan deskripsinya untuk membuat musik yang sesuai,

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Google menghasilkan alat produksi musik bertenaga AI, yang disebut MusicLM/ilustrasi
Foto: AP Photo/Michel Euler, File
Google menghasilkan alat produksi musik bertenaga AI, yang disebut MusicLM/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tahun 2023 tampaknya kian mendorong kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi dalam pembuatan konten. Hal itu dimulai dengan ChatGPT, yang menjadi perhatian dunia dengan tanggapannya yang mirip dialek manusia.

Tak ingin kalah saing, kali ini Google menghasilkan alat produksi musik bertenaga AI, yang disebut MusicLM. Sama seperti ChatGPT, MusicLM dapat menjawab pertanyaan manusia, namun hanya dalam bentuk musik.

Baca Juga

Google MusicLM dapat langsung membuat musik berdasarkan kueri berbasis teks dalam waktu singkat. Hal yang lebih menarik adalah AI bahkan dapat membaca gambar dan deskripsinya untuk membuat musik yang sinkron dengan gambar, dikutip dari Indian Express, Senin (30/1/2023).

Apa itu MusicLM?

MusicLM dapat langsung membuat musik dalam genre apa pun seperti yang bisa dilakukan oleh produser musik berpengalaman. Namun, tidak seperti sosok produser sesungguhnya yang hanya mengenal beberapa instrumen dan bentuk musik, MusicLM Google dapat membuat musik pendek, sedang, dan panjang di hampir semua genre. Itu pun tidak terbatas pada jazz, melodi techno, bella-ciao dalam bentuk senandung, hingga bentuk paduan suara Capella.

 

Genre apa yang didukung MusicLM?

MusicLM mendukung semua genre musik utama di seluruh dunia, yang mencakup 8-bit, rock indie Inggris, folk, reggae, hip hop, dan punk. Google bahkan telah membagikan potongan musik dari semua genre ini yang dihasilkan oleh MusicLM. Namun saat ini, sepertinya MusicLM tidak mendukung genre musik India-sentris seperti Hindustani atau Karnatic, atau mungkin lupa mencantumkan gaya musik ini.

 

MusicLM cocok dengan musisi?

Meskipun dapat menciptakan musik seperti produser musik pemula, MusicLM juga bisa membuat musik seperti seorang profesional. Kemudian lagi, yang harus pengguna lakukan adalah menentukan persyaratan dalam deskripsi teks untuk membantu MusicLM menghasilkan gaya musik atau nada yang tepat yang penggguna cari. Dalam konteks yang sama, MusicLM juga dapat menghasilkan berbagai musik, menawarkan banyak pilihan kepada pengguna.

 

Bagaimana cara menggunakan/menguji MusicLM?

Saat ini, tidak ada opsi untuk menguji MusicLM. Pengguna dapat melihat pilihan musik yang dihasilkan menggunakan MusicLM di Github. Selain itu, Google akan segera merilis MusicCaps yang akan memberikan lebih banyak lagi pilihan bermusik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement