Senin 15 Apr 2024 13:49 WIB

Perbandingan Dua Pesawat Bongsor Boeing 777X Versus Airbus A350, Bagusan Mana?

Pesawat berbadan bongsor dapat digunakan untuk penerbangan terpanjang di dunia.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Airbus A350
Foto:

Boeing memiliki keunggulan kompetitif berkat jendela lebih besar dan badan pesawat lebih lebar. Airbus mengatakan A350-nya menawarkan kabin bermesin ganda paling senyap, dan desain Airspace-nya "memberikan rasa lapang dengan kursi lebih lebar, langit-langit tinggi, dan pencahayaan sekitar yang memikat." 

Badan pesawat 777X lebih lebar memuat 10 kursi di setiap baris dalam kategori ekonomi. 777X menawarkan lebar sekitar 19 setengah kaki, yang menurut Boeing "lebih lebar 16 inci dibandingkan pesaingnya." Pesawat keluarga Airbus A350 memiliki lebar sekitar 18 kaki, menurut manufaktur.

Airbus telah mengubah desainnya untuk menawarkan 10 baris sejajar yang sama. Badan pesawat 777X dan A350 memungkinkan 10 baris sejajar, hal yang baru untuk A350 mulai Oktober 2022. A350 biasanya masih memiliki sembilan kursi per baris, seperti yang baru dikirim ke Air India.

photo
Boeing 777X - (KDC Source)

Efisien 

Boeing 777X memiliki lebar sayap 235 kaki dan lima inci dengan ujung sayap melebar, sebuah bagian penting dari efisiensi tingkat lanjutnya. General Electric membuat mesin GE9X pada 777X, yang menurut GE, merupakan mesin terbesar yang pernah dibuat secara global dan 10 persen, lebih hemat bahan bakar dibandingkan pendahulunya GE90 yang dikembangkan untuk model 777 klasik.

Ujung sayap lipat dan pembangkit listrik GE9X eksklusif untuk Boeing 777X

Seluruh bodi Boeing 737 berbadan sempit dapat ditampung di dalam mesin GE9X, dan pembangkit listriknya dapat menghasilkan daya dorong sekitar 100.000 pon.

Saat ujung sayap ditarik, lebar sayapnya sama dengan 777 klasik, yaitu sekitar 212 kaki, sama dengan A350. 

Varian A350 punya mesin dari pesaing GE Rolls-Royce, satu-satunya pembangkit listrik yang digunakan pada jet berbadan lebar

Mesin Rolls-Royce Trent XWB adalah "mesin aero besar paling efisien di dunia", menurut Airbus. Pembangkit listrik ini menawarkan pembakaran bahan bakar dan emisi CO2 25 persen lebih rendah dibandingkan opsi sebelumnya, yang menurut Airbus membantu menurunkan biaya pengoperasian.

Material

Airbus A350 dibuat dengan material komposit karbon, sementara 777X dari aluminium.

Airbus A350 lebih ringan, secara signifikan menurunkan pembakaran bahan bakar, emisi CO2, dan biaya pemeliharaan sekaligus mengoptimalkan jangkauan dan muatan. Boeing 777X memiliki badan pesawat aluminium tradisional, meskipun dengan sayap komposit.

Sayap serat karbon 777X menawarkan penghematan berat, meningkatkan kekuatan. Melengkapi mesinnya, komposit ringan akan memberikan kontribusi biaya pengoperasian 10 persen lebih rendah pada 777-9 dibandingkan dengan A350-1000, menurut Boeing.

Harga varian Boeing lebih....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement