Senin 08 Apr 2024 13:15 WIB

Di Mana Gerhana Matahari 8 April 2024 Bisa Terlihat?

Jalur totalitas gerhana matahari membentang di wilayah Amerika, Meksiko, dan Kanada.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Bulan terlihat di balik awan saat mulai bergerak di depan Matahari saat terjadi gerhana matahari cincin atau cincin api  dilihat dari San Antonio, Sabtu, (14/10/2023).
Foto:

Kota di bumi yang paling sering mengalami gerhana

Sebuah studi terbaru dari Time and Date menyoroti kota-kota di bumi yang paling banyak mengalami gerhana. Studi ini dilakukan dengan menganalisis data-data gerhana dalam kurun waktu 15.000 tahun.

Hasil studi menunjukkan bahwa sebuah kota di bumi umumnya akan mengalami gerhana matahari total dengan rata-rata satu kali setiap 374 tahun. Sebuah kota juga rata-rata akan mengalami gerhana matahari annular atau cincin api sebanyak satu kali setiap 226 tahun. Selain itu, sebuah kota juga umumnya mengalami fenomena gerhana matahari sebagian sebanyak satu kali setiap 2,6 tahun.

Tim peneliti juga menemukan bahwa gerhana matahari lebih sering terjadi lokasi-lokasi di sekitar lingkaran Arktik dan Antartika. Sebagai perbandingan, gerhana matahari terjadi sebanyak satu kali per 2,8 tahun pada lokasi-lokasi di dekat garis khatulistiwa. Sedangkan di area sekitar lingkaran Arktik dan Antartika, gerhana matahari terjadi sekitar satu kali setiap 2,2 tahun.

Hal ini bisa terjadi karena matahari berada di atas cakrawala lebih lama ketika berada di sekitar lingkaran Arktik dan Antartika. Dengan begitu, ada lebih banyak waktu untuk terjadinya gerhana matahari di wilayah-wilayah tersebut.

 

Dari beragam temuan ini, secara statistik tim peneliti memprediksi bahwa tempat yang paling ideal untuk menunggu terjadinya gerhana matahari adalah di Longyearbyen, Svalbard, Norwegia. Wilayah ini memiliki populasi sekitar 2.000 orang saja. Selain itu, tim peneliti juga menemukan bahwa kota-kota  di belahan bumi utara berpeluang lebih besar untuk mengalami gerhana matahari total dibandingkan kota-kota di belahan bumi selatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement