Rabu 03 Apr 2024 16:13 WIB

Merasa Lebih Tua tidak Awet Muda? Ternyata Tanda Kurang Tidur

Tidur memainkan peran kausal dalam perasaan seseorang ketika berusia lanjut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha

Rasa kantuk dilacak pada studi kedua, dan untuk setiap peningkatan satuan skala pengukuran, orang-orang menambahkan 1,23 tahun pada penilaian penuaan mereka.

Gender tidak penting, tetapi kronotipe tidur penting; Masyarakat yang gemar bangun pagi, sering disebut early bird, merasakan dampaknya lebih dalam.

Early bird mengklasifikasikan diri mereka lima tahun lebih tua dibandingkan tipe yang suka tidur malam, yang juga dikenal sebagai night birds. Selain itu, empat tahun lebih tua dari tipe peralihan, yaitu orang dengan jam tubuh yang tidak cocok dengan kedua tipe ekstrem tersebut. Namun, ketika early bird tidur hingga sembilan jam setiap malam, mereka merasa jauh lebih muda.

Apakah early bird membutuhkan lebih banyak tidur dibandingkan night bird?

“Temuan ini mendukung bahwa tidur, sebuah fenomena biologis yang penting, mungkin menjadi kunci untuk merasa awet muda,” tulis Balter dan rekan-rekannya dalam penelitian tersebut.

 

Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, memprioritaskan tidur yang cukup adalah hal yang terpenting. Jika orang menduga kurang tidur disebabkan oleh gangguan seperti insomnia atau sleep apnea, penting untuk segera mencari bantuan dan pengobatan dari profesional kesehatan. Ingat, tidur malam yang nyenyak dapat membantu hidup terasa lebih muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement