Sabtu 30 Mar 2024 07:40 WIB

Instagram Kembangkan Fitur Blend, Bagaimana Cara Kerjanya?

Fitur ini memungkinkan dua akun menemukan reel baru bersama sesuai minat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Logo Instagram. Instagram mengembangkan fitur blend.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Logo Instagram. Instagram mengembangkan fitur blend.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram sedang mengerjakan fitur yang akan merekomendasikan Reels kepada pengguna dan salah satu temannya di platform, berdasarkan video yang dibagikan satu sama lain dan minat pribadi mereka. Seorang leaker bernama Alessandro Paluzzi membocorkan bahwa fitur yang sedang dikembangkan itu dinamai Blend. 

"Instagram mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa perusahaan sedang menguji Blend secara internal dan belum mulai mengujinya secara publik. Mungkin Blend tidak pernah terungkap, meskipun selalu menarik untuk mengetahui ide-ide yang sedang dibuat oleh Instagram," demikian laporan dikutip dari Engadget, Sabtu (30/3/2024).

Baca Juga

Platform tersebut belum mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang cara kerja Blend. Meski demikian, tampaknya gagasan fitur ini adalah membuat pengguna Instagram dan salah satu rekan mereka di platform, akan menemukan Reel baru bersama-sama. 

Alih-alih salah satu dari mereka menemukan video yang mereka sukai dan mengirimkannya melalui DM. Masuk akal jika Blend memiliki indikator bahwa orang lain telah melihat Reel tertentu.

"Sehingga dua orang yang memiliki akses ke feed dapat mulai mengobrol tentang Reel tersebut," lanjut laporan itu.

TikTok tidak memiliki fitur seperti itu, seperti yang dicatat oleh TechCrunch. Karena itu, ini bisa menjadi peluang bagi Blend untuk memberi Instagram keuntungan jika menyangkut orang-orang yang suka menonton video pendek bersama-sama. 

"Seperti banyak fitur lain yang diperkenalkan oleh platform sejenis ini, Blend pada dasarnya tampaknya adalah tentang meningkatkan keterlibatan pengguna," demikian tambah laporan itu.

Menurut Tech Crunch, singkatnya, jika pengguna mengundang teman ke “Blend”, Instagram akan membuat feed Reel yang dipersonalisasi dan diyakini akan menarik bagi dua pengguna tersebut. Blend tampaknya agak mirip dengan fitur di Spotify yang diluncurkan pada tahun 2021. Itu memungkinkan dua orang untuk menggabungkan lagu favorit mereka ke dalam satu playlist bersama.

Tangkapan layar menunjukkan bahwa Blend akan bersifat pribadi antara Anda dan pengguna lain dan pengguna juga dapat keluar dari Blend kapan saja. Instagram tidak membagikan detail spesifik apa pun tentang fitur tersebut. Selain itu juga belum jelas Blend akan terus memperbarui rekomendasi baru atau akan diperbarui setelah jangka waktu tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement