Jumat 24 Nov 2023 17:21 WIB

Seluruh Reel Instagram Kini Bisa Bebas Diunduh, Begini Caranya

Pengguna Instagram di seluruh dunia bisa mengunduh Reel publik ke perangkat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur Reels di Instagram.
Foto: Instagram
Fitur Reels di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan, aplikasi tersebut sekarang memungkinkan semua pengguna di seluruh dunia untuk mengunduh Reel publik ke perangkat. Sebelum peluncuran itu, pengguna hanya dapat menyimpan Reel ke aplikasi Instagram untuk dilihat nanti.

Melansir Tech Crunch, Jumat (24/11/2023), Mosseri mengatakan di saluran siarannya di Instagram, Reel yang diunduh akan memiliki tanda riak air Instagram dengan nama akun (seperti yang terlihat di TikTok).

Baca Juga

Pengguna dapat mengetuk tombol bagikan dan memilih opsi unduh untuk menyimpan Reel. Akun akan memiliki kemampuan untuk mematikan pengunduhan untuk Reel mereka. Pengguna dapat mematikan opsi pengunduhan melalui Pengaturan > Privasi > Reel and Remix dan ketuk tombol “Izinkan orang mengunduh Reel Anda”.

Khususnya, jika pengguna mengunduh Reel yang menggunakan klip audio berlisensi, video yang diunduh tidak akan memiliki audio apa pun. Hanya Reel dengan deretan lagu audio asli yang akan memiliki suara dalam klip yang diunduh.

Perusahaan mulai mengizinkan pengunduhan Reel untuk pengguna yang berbasis di AS pada Juni 2023, dan sekarang meluncurkan kemampuan tersebut kepada pengguna di seluruh dunia.

Pada 2021, Instagram berhenti merekomendasikan klip dengan tanda riak air TikTok (atau tanda air lainnya). Pada Agustus 2022, YouTube mulai menyematkan tanda riak air berbasis logo pada video Shorts yang diunduh (produk video pendek perusahaan) untuk mencegah berbagi lintas platform.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement