Selasa 05 Mar 2024 12:20 WIB

Sopir Bajaj Nyasar ke Tol Gara-Gara Google Maps, Ini Tips Atur Rute Sepeda Motor

Gunakan fitur 'hindari tol' untuk mengantisipasi jalur sepeda motor.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Gerbang tol (ilustrasi). Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur rute sepeda motor di Google Maps agar tidak diarahkan ke jalan-jalan yang dilarang.
Foto: ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso
Gerbang tol (ilustrasi). Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur rute sepeda motor di Google Maps agar tidak diarahkan ke jalan-jalan yang dilarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah insiden mengejutkan terjadi ketika seorang sopir bajaj secara tidak sengaja masuk tol karena mengikuti petunjuk dari aplikasi Google Maps. Kejadian ini menyoroti pentingnya pengaturan rute dengan bijaksana, terutama bagi pengendara sepeda motor atau sepeda konvensional yang rentan dialihkan ke jalan-jalan yang dilarang.

Untuk mencegah insiden serupa terjadi, berikut adalah beberapa tips untuk mengatur rute sepeda motor di Google Maps agar tidak diarahkan ke jalan-jalan yang dilarang.

Baca Juga

1. Gunakan Fitur Rute Sepeda Motor

Dilansir dari Support Google pada Selasa (5/3/2024), pastikan untuk mengatur pengaturan rute pada aplikasi Google Maps ke mode sepeda motor. Fitur ini menampilkan rute yang sesuai untuk sepeda motor, termasuk menghindari jalan-jalan yang tidak diizinkan.

2. Perhatikan Rencana Perjalanan

Dilansir Geeks For Geeks, sebelum memulai perjalanan, teliti dengan cermat rute yang ditampilkan oleh Google Maps. Pastikan untuk memperhatikan jalan-jalan yang seharusnya dihindari, seperti jalan tol atau jalan-jalan tertentu yang tidak cocok untuk sepeda motor.

3. Tambahkan Perhentian

Jika Anda mengetahui adanya jalan-jalan tertentu yang sebaiknya dihindari, tambahkan perhentian di sepanjang rute Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan Google Maps menavigasikan Anda melalui jalan yang lebih aman dan sesuai untuk sepeda motor.

4. Aktifkan Fitur "Hindari Tol"

Pastikan untuk mengaktifkan fitur "Hindari Tol" dalam pengaturan Google Maps. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa rute yang ditampilkan oleh aplikasi tidak melibatkan jalan tol yang tidak boleh dilalui oleh sepeda motor.

Gunakan mode....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement