Senin 12 Feb 2024 14:21 WIB

Inilah Tampilan Pertama pada Rekomendasi AI Generatif Baru dari Google Maps 

Google Maps juga mengalami perubahan desain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Fitur Google Maps. Google mengumumkan akan menghadirkan atribut-atribut AI ke Google Maps.
Foto: Google
Fitur Google Maps. Google mengumumkan akan menghadirkan atribut-atribut AI ke Google Maps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah menginvestasikan banyak sumber daya dalam memperbarui upaya-upaya kecerdasan buatannya (AI) sejak tahun lalu. Contoh dari upaya ini adalah terlihat adanya integrasi dalam aplikasi Workspace dengan bantuan Duet AI. 

Belum lama ini, dilansir Android Police, Senin (12/2/2024), perusahan tersebut mengumumkan akan menghadirkan atribut-atribut AI ke Google Maps, dimulai dengan Local Guides. Kini Android Police melihat sekilas bagaimana Maps akan mengarahkan para pengguna ke penambahan fitur baru ini. 

Baca Juga

Salah satu dari para pembaca Android Police melihat perubahan tersebut saat perubahan rintisan, di mana sebuah kartu mendorong para  pengguna untuk melakukan Penelusuran dengan AI generatif dan sebuah tombol tepat di bawah memungkinkan mereka mencobanya. Hal ini mengarah ke halaman yang menjelaskan cara kerja AI generatif dalam Google Maps dan peringatan-peringatan umum, seperti ini adalah fitur eksperimental dan info tentang cara data dibagikan dengan Google. 

Mengetuk Lanjutan akan membawa Anda ke halaman dengan daftar hal-hal yang dapat Anda tanyakan, seperti tempat makan yang layak di sekitar atau tempat wisata untuk menghabiskan waktu. Di bagian bawah halaman terdapat tips untuk meningkatkan pencarian dengan menambahkan detail berdasarkan anggaran Anda, tempat atau area yang ingin Anda tuju, dan berdasarkan kondisi-kondisi cuaca (tempat yang harus dikunjungi saat hujan/salju dan lain-lain). Memilih salah satu penelusuran yang dikurasi menjelaskan cara Maps merekomendasikan bisnis yang spesifik untuk kueri Anda. 

Pada contoh, kueri tentang aktivitas-aktivitas ramah anak di musim hujan akan menampilkan hasil untuk taman bermain dalam ruangan terdekat, disertai keterangan unik, yaitu Biarkan anak-anak membakar energi di taman bermain dalam ruangan. Jika tidak ada area atau wilayah yang tidak ditentukan dalam kueri, Maps akan melakukan pencarian di lokasi pengguna saat ini. 

Berbicara kepada The Verge saat pengumuman awal fitur AI ini di Maps, Google mengatakan bahwa menyebutkan wilayah-wilayah atau kota-kota dalam kueri akan mempersempit hasil-hasil ke wilayah tertentu. 

Setelah Anda melalui proses orientasi dan mengaktifkan fungsi ini di Maps, fungsi ini nanti dapat diakses di menu pencarian. Seperti yang Anda dilihat, opsi Pencarian dengan AI generatif muncul tepat di bawah daftar horizontal lokasi-lokasi yang Anda simpan (Rumah, Kantor, dan lain-lain). 

Ini adalah titik masuk yang baik bagi orang-orang untuk terbiasa dengan rekomendasi-rekomendasi berbasis AI dalam Google Maps. Namun, kini produk ini terbatas pada orang-orang di Amerika Serikat (AS), tetapi Android Police rasa tidak akan lama lagi hingga seluruh dunia dapat merasakannya. Omong-omong, Google Gemini, yang awalnya terbatas di AS, akan tersedia di lebih banyak wilayah pekan depan. 

Selain fitur AI yang baru disertakan dalam Maps, aplikasi ini juga mengalami perubahan desain dengan diperkenalkannya tata letak bergaya kartu. Hal ini akan disertai dengan beberapa perubahan desain praktis pada UI navigasi, yang akan sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman pengguna. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement