Rabu 21 Feb 2024 21:48 WIB

Industri Game Alami Perlambatan Terbesar dalam 30 Terakhir, tak Lagi Menarik?

Industri game mencapai puncaknya saat orang terkurung di rumah selama pandemi Covid.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
miliar dolar Amerika Serikat (AS) sedang menghadapi perlambatan terbesar dalam 30 tahun terakhir.
Foto:

Kekhawatiran seputar kurangnya perangkat gim baru yang dijual untuk memperluas pasar. Peningkatan generasi terbaru konsol-konsol PlayStation dan Xbox yang dirilis pada tahun 2020 telah berkurang. Penurunan penjualan ponsel pintar secara global berarti semakin sedikit pemain-pemain baru yang memasuki pasar di sektor yang telah menjadi bagian paling menguntungkan dari industri ini dalam beberapa tahun terakhir. 

Setelah PlayStation 5 melampaui 50 juta unit pada bulan Desember, Hiroki Totoki, presiden grup Sony dan kepala sementara unit gimnya, mengatakan pekan ini bahwa mereka memasuki paruh kedua siklus konsol. "Jadi, kami mengantisipasi penurunan bertahap dalam penjualan unit mulai tahun fiskal depan dan seterusnya," katanya.

Diskon besar-besaran untuk PS5 pada tahun 2023 telah berkontribusi pada apa yang disebut Totoki sebagai penurunan “signifikan” dalam laba operasional gim Sony. Dia memperingatkan bahwa Sony “tidak berencana untuk merilis judul-judul waralaba besar baru yang sudah ada” pada tahun fiskal yang dimulai pada bulan April, sehingga menghilangkan dorongan apa pun dari gim-gim berbiaya besar dan mendatangkan keuntungan seperti Spider-Man atau God of War. 

Microsoft, yang Xbox-nya tertinggal jauh di urutan ketiga di belakang Nintendo dan Sony, pekan ini mengatakan pihaknya ingin menjual lebih banyak gim buatannya di konsol saingannya. Ini untuk memanfaatkan sumber pertumbuhan baru di pasar yang semakin jenuh setelah membayar 75 miliar dolar AS untuk Activision Blizzard tahun lalu. 

Peluncuran konsol Nintendo baru yang ditunggu-tunggu pada akhir tahun ini hanya dapat mempercepat penurunan penjualan PlayStation dan Xbox, karena para pemain menabung untuk membeli barang baru berikutnya. Gareth Sutcliffe dari Enders Analysis mengatakan ada masalah khusus konsol dalam industri gim: tidak ada yang membeli Xbox, PS5 mencapai puncaknya dengan diskon besar-besaran, dan semua orang menunggu Switch 2.0. 

“Konsol-konsol telah membuktikan bahwa mereka bukanlah model pertumbuhan untuk gim, mereka jelas unggul dalam jumlah besar,” ujar Spencer. 

Peluang bagi sektor ini ialah....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement