Rabu 14 Feb 2024 06:24 WIB

Ini yang akan Terjadi Jika Seseorang Bergerak dengan Kecepatan Cahaya

Berlari dengan kecepatan cahaya akan menghancurkan tubuh manusia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Teleskop luar angkasa Hubble menangkap gambar yang terlihat seperti lightsaber di film Star Wars. Manusia akan hancur jika bergerak dengan kecepatan cahaya.
Foto:

Namun jika seseorang berakselerasi ke kecepatan cahaya dalam beberapa detik, seperti di film Star Wars, Anda akan segera menjadi manusia pancake ketika gaya lebih dari 6.000 g menghantam Anda, menurut kalkulator g-force dari Omni Kalkulator. 

Jika Anda ingin berakselerasi ke kecepatan cahaya dengan lebih aman, katakanlah, dengan berat dua g, itu diperlukan waktu lebih dari lima bulan untuk berakselerasi ke kecepatan cahaya, dengan asumsi Anda bergerak dalam garis lurus dan tidak ada hambatan udara. Dengan berat satu g, percepatan jatuh bebas akan memakan waktu lebih dari 11 bulan. 

Sayangnya, mencapai kecepatan setinggi itu ternyata mustahil. “Anda tidak bisa melaju dengan kecepatan cahaya, mengingat massa Anda terbatas,” kata Pravica. 

Teori relativitas khusus Einstein menunjukkan bahwa ketika suatu benda bermassa mendekati kecepatan cahaya, massanya mulai meningkat ketika mendekati kecepatan cahaya, kata Pravica. Jika suatu benda dapat mencapai kecepatan cahaya, maka ia akan menjadi sangat besar dan memerlukan energi yang tidak terbatas untuk mempertahankan kecepatan tersebut.

Namun, para manusia telah mengalami perkembangan yang sangat, sangat cepat,  jika Anda dapat menyebut partikel subatom sebagai “benda". Pravica mengatakan akselerator partikel dapat membuat partikel seperti elektron mencapai kecepatan cahaya lebih dari 99,9 persen. 

Namun ada perbedaan besar antara membuat elektron bergerak secepat itu dan meluncurkan seseorang dengan kecepatan tersebut, yang memerlukan energi yang sangat besar sehingga sangat mustahil, meskipun hal tersebut tidak melanggar hukum-hukum fisika.

Dia menuturkan jika Anda bisa bergerak mendekati kecepatan cahaya, Anda akan merasakan efek-efek relativitas pada waktu.  Waktu akan bergerak lebih lambat bagi Anda dibandingkan orang yang bergerak dengan kecepatan-kecepatan lebih setiap hari, meskipun pengalaman Anda terhadap waktu tidak akan berubah. 

Jika Anda bisa mengamati orang yang bergerak dengan kecepatan "normal", kata Pravica, mereka akan tampak bergerak dalam gerakan lambat.

Ada satu perasaan di mana kita bisa bergerak mendekati kecepatan cahaya. Planet kita dan segala sesuatu di alam semesta terus bergerak. Bumi berputar dan beredar mengelilingi matahari, dan bahkan galaksi kita pun ikut bergerak. 

Mungkin saja jika kita menjauh dari suatu galaksi dengan sangat cepat, dan galaksi tersebut juga menjauh dari kita, kita akan bergerak, relatif terhadap galaksi tersebut, dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Mungkin saja kita sudah melakukannya.

“Itulah yang ditunjukkan Einstein,” kata Pravica. “Semuanya relatif.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement