Kamis 08 Feb 2024 18:13 WIB

Satelit Raksasa Eropa yang Mati akan Jatuh Kembali ke Bumi pada Februari Ini

Satelit ERS-2 diluncurkan ke orbit Bumi pada April 1995.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi artis satelit ERS-2 ESA di orbit Bumi. Pesawat luar angkasa tersebut diperkirakan akan jatuh kembali ke Bumi pada Februari 2024.
Foto:

Masuknya kembali secara dramatis ini telah terjadi tiga kali dalam tiga tahun terakhir, kendaraan Long March 5B menerbangkan tiga modul untuk stasiun luar angkasa Tiangong China, pada April 2021, Juli 2022, dan Oktober 2022. 

Jatuhnya ERS-2 berlangsung lebih lama dan berlangsung selama 13 tahun terakhir. Namun satelit tersebut sekarang sudah cukup rendah untuk ditarik ke bawah dengan relatif cepat oleh hambatan atmosfer dan prosesnya akan semakin cepat dalam beberapa hari mendatang. (Kejatuhan ini tidak terkendali; ERS-2 kehabisan bahan bakar dan karenanya tidak dapat melakukan pembakaran mesin lagi.)

Masih terlalu dini untuk memprediksi di mana dan kapan ERS-2 akan menghantam sebagian besar atmosfer bumi. Namun kemungkinan besar gas tersebut akan masuk kembali ke lautan, karena air menutupi sekitar 70 persen permukaan planet kita. 

Satelit tersebut akan pecah ketika mencapai ketinggian sekitar 50 mil (80 km), menurut FAQ. Sebagian besar pecahan yang dihasilkan kemudian akan terbakar di atmosfer. Jangan terlalu khawatir tentang sampah yang muncul ke permukaan, karena sampah tersebut tidak mengandung zat beracun atau radioaktif, menurut ESA

Dan Anda pasti sangat, sangat tidak beruntung jika terkena salah satu dari mereka, atau sampah luar angkasa apa pun, dalam hal ini. 

“Risiko tahunan seorang manusia terluka akibat puing-puing luar angkasa berada di bawah satu dalam 100 miliar,” tulis pejabat ESA dalam FAQ. Itu kira-kira 65 ribu kali lebih rendah dibandingkan risiko tersambar petir.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement