Rabu 24 Jan 2024 13:59 WIB

Dua Cara Mencadangkan Data di Akun Google dengan Aman

Perangkat android lazimnya mencadangkan data secara otomatis ke Google Drive.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha

Tidak seperti kebanyakan layanan Google, Takeout tidak memiliki aplikasi khusus. Pengguna bisa mengaksesnya dengan browser web di komputer atau perangkat seluler. Langkah pertama, kunjungi myaccount.google.com

Pilih "Data & privasi" dari sidebar kiri. Gulir ke bawah hingga melihat bagian "Unduh data" atau "Hapus data".  Pilih "Unduh data" untuk masuk ke menu Google Takeout. Di menu, akan terlihat setiap layanan Google yang telah digunakan.  

Disarankan untuk menyimpan setiap pilihan, namun pengguna hanya dapat meninjau item yang diperlukan. Klik "Langkah berikutnya" setelah selesai, lalu pilih tempat yang dikehendaki untuk mentransfer data, seperti Google Drive, Email, OneDrive, dan lainnya.  

Email merupakan pilihan paling optimal karena memungkinkan pengguna mengunduh seluruh cadangan ke komputer atau hard drive eksternal. Sementara, pencadangan ke Drive berpotensi menghabiskan banyak ruang penyimpanan cloud.

Selanjutnya, pilih apakah akan mengekspor data sekali atau setiap dua bulan selama satu tahun. Pilih jenis file dan ukuran maksimum. Direkomendasikan memilih format ZIP karena diterima secara universal. Jika data melebihi ukuran yang dipilih, Takeout akan membaginya menjadi beberapa file selama ekspor.

Klik "Buat ekspor" untuk melanjutkan, dan Google Takeout akan memproses salinan data akun. Proses itu mungkin memerlukan waktu berjam-jam atau berhari-hari, tergantung ukurannya. Pengguna akan menerima pemberitahuan email ketika data sudah siap.

Data yang diekspor akan tersedia untuk diunduh selama tujuh hari. Setelah jangka waktu ini, salinan tersebut akan habis masa berlakunya, dan pengguna harus meminta salinan lainnya. Selain itu, setiap salinan memiliki batas pengunduhan sebanyak lima kali. Minta yang lain jika Anda memerlukan unduhan tambahan.

 

Meski sedikit rumit, langkah pencadangan data sangat penting. Mengingat akun Google berisi informasi pribadi dan tautan ke berbagai layanan online. Pengguna harus proaktif dalam mengamankan datanya dengan melakukan pencadangan berkala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement