Jumat 19 Jan 2024 21:10 WIB

Ilmuwan Rilis Gambar Lubang Hitam yang Paling Tajam, Bentuknya Seperti Donat

Lubang hitam merupakan bagian dari alam semesta yang memiliki gravitasi sangat kuat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Perbandingan foto lubang hitam M87
Foto:

"Perubahan terbesar, yaitu pergeseran puncak kecerahan di sekitar cincin, sebenarnya adalah sesuatu yang kami prediksi ketika kami mempublikasikan hasil pertama pada 2019," kata peneliti dari ASIAA Taiwan, Britt Jeter. 

Dia mengatakan, meskipun relativitas umum mengatakan ukuran cincin harus tetap, emisi dari piringan akresi yang bergolak dan berantakan di sekitar lubang hitam akan menyebabkan bagian paling terang dari cincin tersebut bergoyang di sekitar pusat yang sama. Jumlah goyangan yang terlihat dari waktu ke waktu adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menguji teori peneliti mengenai medan magnet dan lingkungan plasma di sekitar lubang hitam.

Gambar baru yang dirilis juga menunjukkan bahwa ilmu di balik teknik gambar itu dapat direproduksi. "Konfirmasi cincin dalam kumpulan data yang benar-benar baru merupakan tonggak sejarah besar bagi kolaborasi kami dan indikasi kuat bahwa kami sedang mengamati bayangan lubang hitam dan material yang mengorbit di sekitarnya," ungkap Keiichi Asada dari ASIAA.

Kolaborasi EHT akan terus berlanjut, dengan pengamatan baru direncanakan pada paruh pertama tahun 2024. Para ilmuwan berharap nantinya dapat menangkap banyak gambar untuk membuat video pertama lubang hitam yang menunjukkan pergerakannya. Seperti sebelumnya, diperlukan waktu beberapa tahun dan partisipasi banyak ilmuwan hingga mencapai hasil akhir.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement