Selasa 02 Jan 2024 14:24 WIB

Tinggal di Daerah Rawan? Ini Cara Bertahan Saat Terjadi Tsunami

Perenang terkuat pun tak akan mampu bertahan di tengah terjangan tsunami.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Rumah-rumah yang roboh akibat gempa terlihat di Kanazawa, prefektur Ishikawa, Jepang pada Selasa, 2 Januari 2024. Serangkaian gempa bumi dahsyat di Jepang bagian barat merusak rumah, mobil, dan perahu, dan para pejabat memperingatkan masyarakat pada hari Selasa untuk menjauh dari rumah mereka. beberapa daerah karena risiko gempa besar dan tsunami yang terus berlanjut.
Foto:

Keempat, pergilah ke tempat yang tinggi. Jika tsunami disebabkan oleh gempa bumi, pastikan Anda melindungi diri dan bertahan saat gempa terjadi. 

Jika sudah aman untuk bergerak, pergilah ke tempat yang lebih tinggi. Dataran tinggi adalah tempat teraman saat terjadi tsunami. 

Selain itu, hindari jatuhnya kabel-kabel listrik dan lemahnya jembatan-jembatan serta jalan-jalan layang. Jika Anda berada di luar zona bahaya tsunami, tetaplah berada di tempat Anda berada. 

 

Pihak berwenang akan memberi tahu Anda kapan sudah aman untuk kembali, Jangan masuk ke dalam air bah tanpa bantuan para profesional karena mungkin ada puing-puing di dalamnya dan mungkin lebih dalam dari yang terlihat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement