Sabtu 30 Dec 2023 21:46 WIB

Puing Roket Satelit China Jatuh di Dekat Kawasan Berpenduduk

Roket China membawa dua satelit ke orbit dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Dalam foto yang dirilis Kantor Berita Xinhua ini, sebuah roket Long March-4B yang membawa satelit (ilustrasi).
Foto: Wang Jiangbo/Xinhua via AP
Dalam foto yang dirilis Kantor Berita Xinhua ini, sebuah roket Long March-4B yang membawa satelit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puing-puing roket dari peluncuran satelit Cina baru-baru ini jatuh ke tanah di dekat kawasan berpenduduk. Orang-orang di sekitar dapat menangkap momen pendaratan yang berapi-rapi itu di dalam rekaman. 

Dilansir Space, Sabtu (30/12/2023), Administrasi Luar Angkasa Nasional Cina melancarkan dua satelit ke orbit pada Senin (25/12/2023) pukul 22.26 EST (pukul 03.26 GMT 26 Desember atau pukul 11.26 waktu setempat di Cina) dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di provinsi Sichuan. Roket Long March 3B membawa dua satelit untuk Sistem Satelit Navigasi Beidou Cina, yang kira-kira setara dengan sistem GPS yang digunakan di Amerika Utara. 

Baca Juga

Sementara satelit-satelit tersebut berhasil dikirim ke orbit Bumi medium (MEO), pendorong-pendorong samping kendaraan peluncuran multitahap Long March 3B jatuh kembali ke Bumi dan mendarat di wilayah Guangxi, Cina Selatan, SpaceNews.com melaporkan. 

Rekaman saksi yang dibagikan di X oleh jurnalis luar angkasa Andrew Jones, yang berasal dari Weibo, tampaknya menunjukkan salah satu pendorong jatuh di kawasan hutan. Video tersebut menampilkan ledakan. Laporan juga muncul tentang puing-puing pendorong lain yang dikatakan mendarat di dekat sebuah rumah. 

“Kehadiran gas cokelat kemerahan atau asap yang menandakan nitrogen tetroksida terlihat di keduanya, sementara gas kekuningan, kemungkinan hasil-hasil pencampuran bahan bakar dimethylhydrazine (UDMH) yang tidak simetris dengan udara, dapat dilihat di sebelah gedung,” menurut SpaceNews.com. 

“Tahap pertama dan pendorong empat sisi dari Long March 3B menggunakan kombinasi propelan hipergolik dari hidrazin dan nitrogen tetroksida. Baik pengoksidasi nitrogen tetroksida maupun bahan bakar UDMH menimbulkan risiko-risiko kesehatan yang serius,” lanjut pernyataan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya pendorong roket yang terkait dengan peluncuran satelit Beidou dilaporkan jatuh di dekat kawasan berpenduduk. Pada tahun 2019, sebuah pendorong, yang memberikan daya dorong yang diperlukan untuk lepas landas dan kemudian terpisah dari tahap utama, jatuh kembali ke Bumi setelah diluncurkan dan menghancurkan sebuah rumah, menurut laporan. 

Cina juga telah berkali-kali dikritik karena membiarkan roket besar Long March 5 jatuh kembali ke Bumi secara alami, menyebabkan puing-puing ruang angkasa, setelah peluncuran sistem peluncuran besar-besaran. 

Negeri Tirai Bambu ini memiliki lokasi-lokasi peluncuran di daratan, dibandingkan dengan lokasi peluncuran di pesisir, yang memungkinkan puing-puing roket mendarat di lautan. Pemberitahuan-pemberitahuan publik dan evakuasi-evakuasi dikeluarkan sebelum peluncuran roket untuk memperingatkan penduduk akan potensi risiko dari puing-puing roket. 

Saat satelit Beidou ke-57 dan ke-58 diluncurkan, keduanya ini akan bertindak sebagai cadangan-cadangan dan mengurangi risiko-risiko operasional pada sistem Beidou-3, yang terdiri dari satelit-satelit di MEO, orbit bumi geostasioner (GEO) dan orbit geosinkron miring (IGSO). Jaringan satelit-satelit ini memastikan jangkauan sinyal yang berkelanjutan dan stabil untuk sistem-sistem navigasi global Cina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement